Jika Anda Obesitas, Ini Manfaat Menurunkan Berat Badan

Rabu, 07/02/2018 18:32 WIB

Jakarta - Menurunkan 10 persen berat tubuh dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat obesitas. Demikian disampaikan Andrew Schrepf dari University of Michigan Chronic Pain and Fatigue Research Center.

"Orang yang mengalami obesitas cenderung memiliki tingkat nyeri yang lebih tinggi, secara umum," ujar Schrepf

"Rasa sakitnya biasanya berada di lutut, pinggul dan punggung bawah - bagian tubuh yang memiliki berat badan," sambungnya, dilansir dari UPI, Rabu (7/2).

Schrepf dan rekan-rekannya menugaskan 123 orang gemuk untuk menjalani diet rendah kalori. Mereka juga mengarahkan mereka secara bertahap meningkatkan aktivitas fisik.

Studi tersebut menemukan, menurunkan 10 persen berat badan selama 12 minggu membantu mengurangi rasa sakit tidak hanya di lokasi yang diharapkan, seperti lutut dan pinggul, tapi juga di perut, lengan, dada dan rahang.

Untuk seseorang berbobot 250 kilogram, mereka harus menurunkan sekitar 25 poundsterling.

Lebih lanjut penelitian tesebut menjelaskan bahwa menurunkan berat badan juga menyebabkan kesehatan mental lebih baik, pemikiran membaik dan lebih banyak energi.

"Kami tahu ketika orang kehilangan banyak berat badan, mereka cenderung merasa lebih baik. Tapi yang mengejutkan, tidak ada yang pernah merasakan di dalam tubuh rasa sakit itu membaik," kata Schrepf dalam siaran persnya.

Temuan menunjukkan bahwa persendian bukan satu-satunya saluran rasa sakit tubuh. "Apa yang kita pikir itu berarti proses penurunan berat badan ini mungkin mempengaruhi mekanisme sentral pengendalian nyeri yang berhubungan dengan otak dan sumsum tulang belakang," kata Schrepf.

Schrepf dan rekan-rekannya sekarang ingin mengetahui mengapa kehilangan 10 persen berat badan adalah titik di mana orang gemuk menunjukkan perbaikan pada rasa sakit dan area lainnya.

"Beberapa penurunan berat badan paling awal Anda tidak semuanya gemuk, itu bisa jadi air," kata Schrepf. "Sekitar 10 persen kita mencapai semacam massa kritis, tapi sulit untuk mengetahui dengan pasti apa artinya itu."

Keyword : Gemuk Berat Badan

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2