Sabtu, 27/04/2024 16:16 WIB

Berjuang Atasi Obesitas Puluhan Tahun, Oprah Winfrey tak Malu Akui Pakai Ozempic

Berjuang Atasi Obesitas Puluhan Tahun, Oprah Winfrey tak Malu Akui Pakai Ozempic

Berjuang Atasi Obesitas Puluhan Tahun, Oprah Winfrey tak Malu Akui Pakai Ozempic (FOTO: GETTY IMAGE)

JAKARTA - Berjuang mengatasi obesitas selama puluhan tahun, Oprah Winfrey tak malu mengakui ia menggunakan obat-obatan di antaranya  Ozempic.

Setelah Oprah Winfrey mengungkapkan kepada People pada bulan Desember bahwa dia mengonsumsi resep obat penurun berat badan sebagai bagian dari program kesehatan dan kebugarannya, dia segera menyadari bahwa percakapan tersebut baru saja dimulai.

Bukan orang yang menyia-nyiakan kesempatan untuk mendidik dirinya sendiri, dan menggunakan platformnya yang luas untuk mendidik orang lain, Oprah Winfrey (70), berusaha mengeksplorasi isu-isu terkini seputar penggunaan obat-obatan populer seperti Ozempic dan Mounjaro untuk menurunkan berat badan.

Di antara pertanyaan-pertanyaan yang ia pertimbangkan adalah: Mengapa ada rasa malu dalam mengonsumsi obat-obatan, dan untuk siapakah obat-obatan tersebut ditujukan? Apa efek sampingnya? Haruskah anak di bawah umur mengambilnya, dan bagaimana kita menangani tantangan rantai pasokan?

“Ini adalah topik yang sangat pribadi bagi saya dan jutaan orang di seluruh dunia yang terkena dampaknya, yang selama bertahun-tahun berjuang melawan berat badan dan obesitas,” kata Oprah Winfrey menjelang acara TV prime-time baru yang membahas masalah-masalah tersebut dan topik-topik hangat lainnya.

Percakapan yang disiarkan televisi, berjudul An Oprah Special: Shame, Blame and the Weight Loss Revolution, ditayangkan Senin di ABC dan akan tersedia di Hulu Selasa (19/3/2024).

“Sepanjang hidup saya, saya tidak pernah bermimpi bahwa kita akan berbicara tentang obat-obatan yang memberikan harapan bagi orang-orang seperti saya yang telah berjuang selama bertahun-tahun dengan kelebihan berat badan atau obesitas,” kata Oprah Winfrey dalam dialog khusus terbuka yang mencakup audiensi langsung dengan beberapa pakar medis terkemuka di AS dan masyarakat umum, termasuk seorang remaja bernama Maggie, yang memiliki berbagai pengalaman pribadi dengan resep obat penurun berat badan.

"Jadi saya datang ke pembicaraan ini dengan harapan kita bisa mulai melepaskan stigma dan rasa malu serta penilaian... untuk berhenti mempermalukan orang lain karena kelebihan berat badan atau bagaimana mereka memilih untuk menurunkan dan tidak menurunkan berat badan," lanjut Oprah Winfrey dalam pidato perkenalannya.

“Dan yang lebih penting, berhenti mempermalukan diri sendiri.”

Dengan fakta penting, meskipun terkadang diabaikan, bahwa American Medical Association menetapkan obesitas sebagai penyakit pada tahun 2013, Oprah Winfrey mempertimbangkan bagaimana penggunaan obat-obatan penurun berat badan yang tepat dapat memiliki "dampak radikal" dalam memerangi krisis yang berdampak pada sistem layanan kesehatan kita, ekonomi, gaya hidup dan budaya.

W. Scott Butsch dari Klinik Cleveland, kepala koresponden medis ABC News Dr. Jennifer Ashton, dan Dr. Amanda Velazquez dari Cedars-Sinai Medical Center menjadi narasumber.

Tamu lainnya termasuk para pemimpin dari dua perusahaan farmasi global, Eli Lilly dan Novo Nordisk, yang berada di balik obat-obatan tersebut untuk mengatasi dampaknya bagi 100 juta orang Amerika dan lebih dari 1 miliar orang dewasa di seluruh dunia yang hidup dengan penyakit obesitas. (Eli Lilly memproduksi Zepbound dan Mounjaro; Novo Nordisk memproduksi Ozempic dan Wegovy).

Mungkin di atas segalanya, Oprah Winfrey berharap acara spesial ini dapat membantu menghilangkan rasa malu, penilaian dan stigma seputar berat badan.

Itu adalah sesuatu yang dia ketahui dengan sangat baik.

Selama ia menjadi sorotan publik, perjalanan tubuh ikon tersebut telah ditampilkan di media, di sampul majalah, dan di episode acara bincang-bincang hit eponymous miliknya yang berlangsung selama 25 musim.

"Mengolok-olok saya adalah olahraga publik selama 25 tahun," kata Oprah Winfrey kepada People pada bulan Desember.

"Saya telah disalahkan dan dipermalukan, dan saya menyalahkan dan mempermalukan diri saya sendiri."

Oprah Winfrey optimis bahwa dia sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara menjaga berat badan yang sehat dalam jangka panjang dan menghilangkan rasa malu untuk selamanya.

Dengan menggunakan pendekatan holistik yang mencakup olahraga teratur dan perubahan gaya hidup lainnya, Oprah Winfrey menambahkan obat penurun berat badan ke dalam programnya tahun lalu. (Dia tidak menceritakan obat apa yang dia minum.)

Fluktuasi berat badan "menempati ruang selama lima dekade di otak saya, yo-yo dan perasaan mengapa saya tidak bisa menaklukkan hal ini, percaya bahwa kemauan keras adalah kegagalan saya," kata Oprah Winfrey, yang menjalani rehabilitasi gigih setelah operasi lutut pada tahun 2021 memulai apa yang telah mengalami penurunan berat badan yang stabil selama dua tahun terakhir.

“Setelah operasi lutut, saya mulai mendaki dan menetapkan target jarak baru setiap minggunya. Saya akhirnya bisa mendaki tiga hingga lima mil setiap hari dan berjalan lurus sejauh 10 mil di akhir pekan,” katanya.

"Saya merasa lebih kuat, lebih bugar, dan lebih hidup dibandingkan yang saya rasakan selama bertahun-tahun."

Titik balik bagi pendekatan Oprah Winfrey dalam menggunakan alat bantu farmasi terjadi pada bulan Juli lalu dalam rekaman percakapan panel dengan para ahli dan dokter penurunan berat badan, yang berjudul The State of Weight dan bagian dari serial Life You Want milik Oprah Daily.

“Saya mendapatkan AHA terbesar bersama dengan banyak orang di antara penonton tersebut,” kenangnya tentang diskusi tersebut.

"Saya menyadari bahwa saya telah menyalahkan diri sendiri selama bertahun-tahun karena kelebihan berat badan, dan saya memiliki kecenderungan yang tidak dapat dikendalikan oleh kemauan keras apa pun."

Dia menambahkan, "Obesitas adalah sebuah penyakit. Ini bukan tentang kemauan keras — ini tentang otak."

Begitu dia memahami ilmu pengetahuan, Oprah Winfrey memberitahu bahwa dia "melepaskan rasa malu saya tentang hal itu" dan berkonsultasi dengan dokternya, yang kemudian meresepkan obat penurun berat badan.

“Saya sekarang menggunakannya karena saya merasa membutuhkannya, sebagai alat untuk mengelola, bukan bersikap yo-yo,” katanya.

“Fakta bahwa ada resep yang disetujui secara medis untuk mengatur berat badan dan tetap sehat, dalam hidup saya, terasa seperti kelegaan, seperti penebusan, seperti hadiah, dan bukan sesuatu yang disembunyikan dan sekali lagi diejek. Saya benar-benar sudah selesai dengan rasa malu dari orang lain dan khususnya saya sendiri."

Oprah Winfrey menyadari desas-desus seputar ukuran tubuhnya, terutama karena penggunaan obat-obatan seperti Wegovy, Ozempic, dan Mounjaro untuk menurunkan berat badan semakin populer.

Namun dia menekankan bahwa hal ini bukanlah solusi ajaib atau solusi tunggal.

“Itu adalah segalanya,” katanya tentang rutinitas kesehatan dan kebugarannya yang menyeluruh.

"Saya tahu semua orang berpikir saya melakukannya, tapi saya bekerja sangat keras. Saya tahu bahwa jika saya tidak berolahraga dan waspada terhadap semua hal lainnya, itu tidak akan berhasil bagi saya."

Pada akhirnya, ia menyampaikan, "Ini adalah kesempatan kedua bagi saya untuk menjalani kehidupan yang lebih vital dan bersemangat." (*)

 

KEYWORD :

Oprah Winfrey Ozempic berat badan obesitas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :