Mau Tahu Persaingan e-Commerce Papan Atas? Ini Peringkatnya

Minggu, 24/12/2017 11:40 WIB

Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, persaingan e-commerce papan atas di Indonesia masih sangat ketat. Antara satu toko online dengan toko online saling beradu strategi dan trik guna menggaet pengunjung guna mendongkrak transaksi.

Persaingan tersebut mengemuka dalam laporan terbaru iPrice Group. Laporan tersebut menganalisa kejadian dan persaingan e-commerce Indonesia berdasarkan Google, jumlah pengunjung, aplikasi mobile dan media sosial.

Laporan tersebut disusun berdasarkan riset tentang frekuensi dan lalu lintas transaksi online di masing-masing merek e-commerce. Riset ini bertujuan untuk mendeteksi pertumbuhan dan persaingan e-commerce Indonesia pada 2017.

iPrice Group mengumpulkan data peringkat aplikasi mobile shopping (Google Play dan App Store) setiap minggu dari App Annie mulai Januari hingga Desember 2017. Berikut posisi teratas e-commerce berdasarkan data tersebut:

1.Shopee
Posisi teratas ditempati oleh Shopee. Apalikasi e-commerce ini dinilai terpopuler, baik di platform Android maupun iOS. Pencapaian ini tak lepas dari branding “toko online C2C mobile” yang kerap dilakukan sejak mereka masuk pasar Indonesia. Faktor lain, menrut iPrice Group, adalah program spesial Shopee pada tahun ini yakni “Mobile Shopping Day” saat 10.10.

2. Lazada dan Tokopedia
Posisi berikutnya diisi oleh Lazada dan Tokopedia. Kedua merek tersebut berebut posisi kedua dan ketiga.

3. Bukalapak
Di bawah Lazada dan Tokopedia ada Bukalapak. E-commerce ini memiliki peringkat aplikasi mobile yang paling stabil, yakni posisi 4 baik di platform iOS maupun Android.


TERKINI
Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025