Debut Manis Rooney di Timnas Inggris

Rabu, 23/08/2017 21:35 WIB

London – Wayne Mark Rooney akhirnya mengikuti jejak kompatriotnya, Frank Lampard dan Steven Gerard meninggalkan tim nasional Inggris. Rooney –begitu sapaannya- memutuskan pensiun, saat Inggris berada di bawah kepelatihan Gareth Southgate, pada Rabu (23/8).

Melihat perjalanan karirnya sejak awal, Rooney ternyata menorehkan debut manis saat kali pertama bermain di timnas Inggris pada 2003 silam, ketika masih berumur 17 tahun. Di usia itu, Rooney menjadi pencetak gol termuda Inggris.

Setahun kemudian, pada 2004 Rooney dipercaya melakoni turnamen Euro perdananya di Swiss. Kala itu, ia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah kompetisi, usai dua kali menjebol gawang tuan rumah. Total, waktu itu Rooney sukses mencetak empat gol.

Pasca Euro 2004, Rooney banyak menerima penghargaan. Di antaranya pada 2008 dan 2009, ia dianugerahi Player of the Year. Pada musim 2009-2010 pun ia kembali menggaet penghargaan yang sama, dan FWA Football of the Year.

Hingga tahun ini, Rooney mengemas 119 pertandingan bersama Inggris. Selama 14 tahun, mantan striker Manchester United ini sudah menyarangkan 53 gol, sekaligus menjadikannya sebagai top skorer Inggris sepanjang masa.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2