Pengamat: Sekber Gerindra dan PKB Bukti Keseriusan Berkoalisi

Senin, 23/01/2023 15:26 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Setelah sebelumnya menyatakan berkoalisi, hari ini, Senin (23/1) Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Peresmian sekber Gerindra dan PKB bisa dibaca bahwa kedua parpol tersebut serius membangun kerjasama politik dalam Pilpres 2024," ujar pengamat politik Arif Nurul Imam ketika dihubungi awak media.

Peresmian ini, lanjut Arif, juga memperlihatkan PKB dan Cak Imin dalam konstelasi dan koalisi pemilu 2024 merupakan variabel penting. Karena itu, peresmian ini juga cara mengikat Gerindra agar PKB tetap satu haluan.

"PKB menjadi penting karena ceruk suara pemilih Islam moderat dan Islam nasionalis yang bisa memperbesar daya ungkit elekoral Prabowo," ucap dia.

Dikatakan Arif meski dinamika Pipres masih akan dinamis, namun Gerindra dan PKB menunjukkan koalisi ini solid dan kompak.

"Dibanding poros lain, poros Gerindra dan PKB jauh lebih maju, kompak dan solid," imbuh dia.

Peresmian ini juga memberi sinyal kepada PDIP agar memiliki pilihan dalam merancang dan memutuskan rekan koalisi yang relevan dalam Pemilu selanjutnya.

"Peresmian ini boleh jadi merupakan pesan kepada PDIP karena partai pemenang Pemilu tersebut memiliki kedekatan dengan Gerindra dan PKB," tutup Arif.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2