Adidas Bajak Pemimpin Puma Jadi CEO Baru

Selasa, 08/11/2022 23:01 WIB

Berlin, Jurnas.com - Adidas secara mengejutkan membajak pemimpin brand waralaba kompetitor Puma, Bjorn Gulden, dan ditunjuk sebagai CEO baru pada Selasa (8/11).

Pengusaha asal Norwegia itu akan mengambil peran sebagai CEO Adidas secara efektif pada Januari tahun depan, menggantikan CEO saat ini, Kasper Rorsted.

Gulden akan menghadapi sejumlah tantangan di Adidas, menyusul penjualan yang merosot akibat pandemi Covid-19, dan baru-baru ini mengakhiri kemitraan menguntungkan dengan rapper Kanye West.

"Sebagai CEO Puma, dia memperkuat merek dan memimpin perusahaan untuk mencatatkan hasil. Gulden akan memimpin Adidas ke era kekuatan baru," kata Thomas Rabe, Ketua Dewan Pengawas Adidas dikutip dari AFP.

"Dia membawa pengalaman hampir 30 tahun di industri barang olahraga dan alas kaki," imbuh dia.

Dikabarkan, Gulden akan diberi kontrak selama lima tahun ke depan. Sementara itu, Puma mengumumkan bahwa Arne Freundt yang saat ini menjabat sebagai Chief Commercial Officer Puma, akan segera mengambil alih jabatan CEO yang ditinggalkan Gulden.

Baik Puma maupun Adidas sama-sama berbasis di kota kecil Herzogenaurach, Bavaria. Kedua perusahaan didirikan beberapa dekade lalu oleh dua bersaudara, Adolf dan Rudolf Dassler, yang memiliki persaingan sengit.

Gulden sebelumnya menghabiskan tujuh tahun di Adidas pada tahun 1990-an. Dia juga memegang peran senior di sejumlah perusahaan termasuk brand Deichmann dan perusahaan pakaian dan peralatan olahraga Helly Hansen.

Pria 57 tahun itu dulu juga pernah bermain sepak bola untuk FC Nuremberg di Bundesliga Jerman, dan Bryne dan Stromsgodset di Liga Norwegia.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu