Lewat Pameran dan Gelar Dagang, BKKBN Dorong Peningkatan Ekonomi Akseptor KB

Kamis, 08/09/2022 14:11 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) resmi membuka Pameran dan Gelar Dagang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) di Lapangan Parkir Kantor Pusat BKKBN, Jakarta Kamis (8/9).

"Pameran dan gelaran dagang usaha dalam rangka mendorong dan menopang ekonomi akseptor, khususnya akseptor Keluarga Berencana," kata Deputi Bidang Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, BKKBN, Nopian Andusti.

Nopian berahap Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok UPPKA (BPP AKU), yang diketuai Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi dapat melakukan pendampingan kepada kelompok UPPKA yang ada di seluruh Indonesia untuk membuat makanan-makanan sehat.

"Saat ini, kita lagi giat-giatnyanya melakukan upaya percepatan penurunan stunting yang salah satunya adalah bagaimana mewujudkan makan-makan sehat. Saya melihat sendiri bahwa banyak UPPKA kita di pelosok negeri ini yang kegiatan usahanya di bidang kuliner," ujarnya.

Nopian yakin melalui bimbingan BPP AKU, Indonesia dapat mewujudkan kuliner-kuliner atau makanan-makan sehat dalam rangka mencegah dan mempercepat penurunan stunting, yang saat ini masih di angka 24,4 persen.

"Ini juga sekaligus kita bisa mengarahkan kelompok UPPKA kita dapat menyebarkan pemahaman pengetahuan kepada rumah tangga yang ada di sekitar mereka agar dapat membuat dan memasak dengan pangan lokal dengan biaya yang murah yang bisa dijangkau," kata Nopian.

Pada kesempatan yang sama, Nopian juga mengatakan bahwa UPPKA masih belum banyak disadari sebagai bagian dari usaha mikro kecil yang ada di daerah.

"Karena itu, kami bersama sama BPP AKU bekerja sama dengan Kementerian Koperasi, dan UKM dalam rangka mempermudah dan melindungi terutama dari aspek legalitas ini dengan cara penerbitan nomor izin usaha, sehingga secara legal UPPKA kita ini terlindungi," ujarnya.

Sebagai informasi, Pameran dan Gelar UPPKA merupakan satu rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, dan Rapat Kerja Nasional AKU.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2