Polisi Prancis Selidiki Kuburan Massal Bucha

Jum'at, 15/04/2022 09:02 WIB

BUCHA, Jurnas.com - Seorang petugas polisi Prancis mengirim pesawat tak berawak ke langit di Bucha dekat ibukota Ukraina, Kyiv, untuk memotret kuburan sepanjang 14 meter di mana 70 mayat telah ditemukan.

Sebuah tim yang terdiri dari 18 ahli dari departemen forensik gendarmerie nasional Prancis telah bekerja selama dua hari untuk memeriksa dan mengidentifikasi mereka yang terkubur di kuburan massal terbesar yang ditemukan hingga saat ini di kota yang hancur itu.

Biasanya mereka bekerja di Prancis di lokasi kejahatan, bencana alam, atau kecelakaan di jalan.

Sekarang mereka adalah bagian dari operasi di daerah yang pernah diduduki oleh pasukan Rusia yang dapat membantu menyelesaikan kasus di Pengadilan Kriminal Internasional.

Mengenakan jumpsuit putih atau seragam biru laut dan topeng untuk melindungi diri dari bau kematian, para perwira Prancis mengeluarkan tiga mayat yang dibungkus plastik hitam dari parit hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Masing-masing kemudian ditempatkan di atas meja pemeriksaan yang terlindung dari pandangan oleh tenda putih berlogo gendarmerie. Di dalam, enam penyelidik Prancis melakukan pemeriksaan pertama.

Misi mereka adalah untuk menentukan kemungkinan tanggal dan kemungkinan penyebab kematian: penembakan, ledakan, kebakaran atau bahkan kematian alami.

Pada tahap ini meliputi pemeriksaan visual, pengambilan foto dan video serta pengambilan sampel DNA.

Pekerjaan pendahuluan ini memakan waktu 30 menit.

Di antara setiap penggalian, polisi Prancis beristirahat untuk minum air atau menghirup udara saat mereka berkonsultasi dengan rekan Ukraina yang menyediakan logistik dan keamanan.

Setiap mayat kemudian dimasukkan kembali ke dalam kantong mayat dan dibawa ke truk berpendingin untuk diautopsi di lembaga khusus.

Sebuah laboratorium DNA Perancis mobile yang diparkir di dekatnya akan membantu mengidentifikasi mereka yang ditemukan dengan sampel yang diambil dari kerabat.

Maka perlu untuk menentukan apakah tubuh-tubuh itu mengandung tanda-tanda tindakan yang dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

Semua elemen yang mereka kumpulkan kemudian akan digunakan untuk membantu penyelidikan lokal dan internasional.

Ratusan Tubuh Ditemukan

Kekerasan di Bucha telah menjadi buah bibir atas tuduhan kebrutalan yang dilakukan di bawah pendudukan Rusia.

Penduduk setempat mengubur mayat-mayat itu sendiri selama pengepungan berdarah oleh tentara Rusia, yang mundur pada 30 Maret setelah pendudukan sebulan.

Setelah keberangkatan mereka, setidaknya 20 mayat pria berpakaian sipil, beberapa dengan tangan terikat, ditemukan berserakan di jalan-jalan. Sejak itu, beberapa kuburan massal telah ditemukan.

Walikota Bucha Anatoliy Fedoruk mengatakan lebih dari 400 mayat telah ditemukan sejak penarikan pasukan Rusia.

Pembunuhan Bucha telah memicu kecaman mengerikan dari seluruh dunia dan mendorong sekutu Kiev untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Rusia.

Lokasi kuburan massal tempat para perwira Prancis bekerja dipilih karena dekat dengan gereja dan kamar mayat setempat, kata pastor paroki Andriy Holovin kepada AFP.

"Tujuh puluh mayat ditemukan, kebanyakan warga sipil, serta seorang polisi dan dua tentara," jelas jaksa Ukraina Ruslan Kravchenko.

Di kuburan terpisah, ditandai dengan salib darurat, mayat seorang wanita dan dua anak berusia 4 dan 11 tahun juga digali. "Berdasarkan temuan awal, mereka adalah jenazah satu keluarga yang kendaraannya terbakar setelah ditabrak kendaraan lapis baja Rusia," katanya.

Sumber: AFP

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2