Menag Samakan Suara Azan dengan Gonggongan Anjing, Ketua MUI: Ya Allah...

Kamis, 24/02/2022 10:25 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kiai Cholil Nafis tidak habis pikir dengan pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang membandingkan suara azan dengan gonggongan anjing.

"Ya Allah... ya Allah.. ya Allah. Kadang malas berkomentar soal membandingkan sesuatu yang suci dan baik dengan suara hewan najis mughallazhah," tulis Kiai Nafis di Twitternya pada Rabu (23/2) malam.

"Karena itu bukan soal kinerja tapi soal kepantasan di ruang publik oleh pejabat publik. Mudah-mudahan Allah mengampuni dan melindungi kita semua," lanjut dia.

Dalam Surat Edaran Menteri Agama No.5 Tahun 2022, pemerintah mengatur volume toa masjid agar tidak melebihi 100 desibel. Aturan itu diklaim dapat mengurangi hal yang tidak bermanfaat.

Kepada awak media di Pekanbaru, Riau, Menag membandingkan volume azan yang terlalu keras dengan gonggongan anjing di waktu bersamaan, yang berpotensi mengganggu ketentraman umat beragama.

"Misalkan tetangga kiri kanan depan belakang pelihara anjing semua, misalnya menggonggong di waktu yang bersamaan, kita terganggu tidak? Artinya, semua suara-suara harus kita atur agar tidak menjadi gangguan," ujar Menag pada Rabu kemarin.

Unggahan Kiai Nafis di Twitter menuai reaksi dari warganet. Mayoritas memprotes pernyataan Menag yang dianggap mengarah ke penistaan agama.

"Na`am kiai, sakit hati dan sedih rasanya kita sebagai umat muslim mendengar atau melihat hal seperti ini. Apa tindakan MUI pak kyai?" tulis @ArgilFahmi.

"Sudah masuk ranah penistaan agama belum yai? Semoga MUI bisa mengambil tindakan untuk hal ini," balas @EdhOrdinary.

"Mari kita suarakan kalau kita muslim yang beriman. Kalimah azan adalah kalimah yang suci maka tak boleh di samakan dengan suara hewan najis. #pecatyaqut," kata @Andresbelnova.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2