Sesmi Desak Pemerintah Gunakan Vaksin Halal untuk Masyarakat

Jum'at, 14/01/2022 22:12 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Serikat Sarjana Muslim Indonesia (Sesmi) mendesak pemerintah agar menggunakan vaksin halal untuk vaksinasi masyarakat, terutama umat Islam. Saat ini ada beberapa jenis vaksin yang dianggap tidak halal. 

Ketua Umum Sesmi Awaludin, menganggap bahwa beberapa vaksin yang menjadi pilihan pemerintah mengandung unsur yang dianggap tidak layak dan tidak halal diberikan kepada masyarakat muslim Indonesia.

"Ada beberapa jenis vaksin yang didalamnya mengandung unsur babi salah satunya adalah vaksin AstraZeneca yang berasal dari Korea Selatan," ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima jurnas.com di Jakarta, jumat (14/1/2022).

Awaludin melanjutkan bahwa selain vaksin AstraZeneca, vaksin Coronavac dan Sinopharm juga tidak layak diberikan kepada masyarakat Indonesia yang beragama muslim.

"Kita mengacu kepada keputusan MUI dimana ada tiga jenis vaksin yang tidak layak atau tidak halal diberikan kepada masyarakat muslim di Indonesia. Selain AstraZeneca ada juga jenis vaksin Coronavac dan Sinopharm yang tidak halal diberikan kepada masyarakat muslim di Indonesia," terangnya.

Ketua Umum Sesmi ini pun mendesak agar pemerintah tidak memberikan izin penggunaan vaksin yang tidak memiliki label halal tersebut.

"Lagipula sudah ada dua jenis vaksin yang mendapatkan label halal dari MUI yakni Sinovac dan Zifivax. Oleh karena itu, kami mendesak pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan untuk menggunakan kedua jenis vaksin tersebut dalam rangka vaksinasi kepada masyarakat Indonesia khususnya untuk ummat muslim," tegasnya.

Dia juga meminta pemerintah untuk lebih progresif dalam pelaksanaan vaksinasi sebagai bentuk upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

"Kita meminta agar pemerintah lebih optimal dan lebih progresif lagi dalam melakukan vaksinasi sebagai bentuk upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus covid-19. Selain itu, ini juga sebagai upaya pemerintah untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi nasional di era Pandemi," tutupnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2