Jerman Tolak Penuhi Prasyarat Iran soal Kesepakatan Nuklir

Senin, 04/10/2021 19:11 WIB

Berlin, Jurnas.com - Jerman menolak segala tuntutan Iran agar Amerika Serikat melepaskan aset-aset Teheran yang dibekukan, sebagai syarat untuk melanjutkan pembicaraan nuklir.

Demikian keterangan Kementerian Luar Negeri Jerman, dikutip dari Reuters pada Senin (4/10), menyusul upaya pembicaraan nuklir antara Iran dan Barat.

"Iran tidak dapat menetapkan kondisi lebih lanjut untuk melanjutkan pembicaraan," kata juru bicara kementerian luar negeri Jerman.

Pernyataan itu disampaikan setelah permintaan Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, untuk membebaskan aset senilai 10 miliar dolar sebagai isyarat niat baik.

Di bawah Presiden Donald Trump, AS secara sepihak menarik diri dari perjanjian 2015 dengan Iran, Inggris, Prancis, China, Rusia, dan Jerman yang bertujuan menghentikan Iran mengembangkan senjata nuklir.

Presiden Joe Biden bertujuan untuk memulihkan kesepakatan, tetapi kedua pihak tidak setuju tentang langkah mana yang perlu diambil dan kapan.

Masalah utamanya ialah batasan apa yang akan diterima Teheran, dan sanksi apa yang akan dihapus oleh Washington.

"Kami meminta Iran untuk melanjutkan pembicaraan sesegera mungkin," tegas kata juru bicara kementerian luar negeri Jerman, seraya menambahkan dia mengharapkan kesepakatan pada tanggal tertentu.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2