Kamis, 30/05/2024 08:28 WIB

Legislator Minta Pemerintah Wasadai Multidimensi Dampak Perang Israel-Iran

Pemerintah, pengusaha, dan seluruh pihak dapat bahu membahu mencari jalan keluar untuk dapat mengantisipasi perang akan semakin besar nantinya.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP, Sturman Panjaitan. (Foto: Dok. Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi I DPR RI Sturman Panjaitan menilai perang antara Israel dan Iran bagi Indonesia bukan hanya berdampak secara ekonomi. Namun, berdampak multidimensi ke beberapa hal lainnya, di antaranya persoalan pangan, transportasi laut, perdagangan antarnegara, dan sebagainya.

Karenanya dirinya berharap, Pemerintah, pengusaha, dan seluruh pihak dapat bahu membahu mencari jalan keluar untuk dapat mengantisipasi perang akan semakin besar nantinya.

"Sehingga memang Indonesia harus punya cara, pemerintah dan pengusaha harus bahu membahu gotong royong agar mampu mengatasi itu. Kalau tidak (diatasi) akan berdampak besar, seperti yang dikatakan bahwa bahan bakar akan menjadi (naik) subsidinya tambah dan seterusnya. Termasuk (kenaikan) bahan pangan (seperti) gandum dan seterusnya. Sekarang saja kita mengalami bahwa (keuntungan) jagung turun karena pengguna jagung ini kan banyak, berdampak pada usaha-usaha lain, sehingga mereka pun ekspor pun terganggu,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (19/4).

“Inilah menurut saya, (perlu) bahu membahu pemerintah dan pengusaha, DPR RI dan semua elemen bangsa agar ikut membantu bagaimana mengatasi krisis ini agar kita keluar dari hal-hal yang tidak diinginkan oleh Indonesia," jelasnya menambahkan.

Dikatakan, selain perang antara Israel-Iran merubah peta perekonomian Dunia, perang itu juga merubah peta situasi dunia. Seperti diketahui, jika posisi Amerika dan Rusia, juga Eropa dan China masih seperti ini dan membantu meredam perang tersebut, maka proses cooling down terhadap perang itu juga bisa semakin cepat, namun semua hal itu kembali lagi kepada sikap Pemerintah Indonesia akan perang tersebut.

"Tergantung pada kita semua, karena kita harus tahu bahwa peperangan sekarang ini bukan sekedar peperangan ekonomi saja, tapi peperangan politik juga termasuk disitu, bukan peperangan perbatasan saja tapi peperangan politik juga disitu, ini perlu kita waspadai, maka satu-satunya cara adalah pemerintah apapun katanya indonesia harus kuat menghadapi tantangan ini, pemerintah, pengusaha, dan seluruh masyarakat harus bahu membahu mengatasi ini," tutupnya.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi I Sturman Panjaitan perang Israel Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :