Sabtu, 22/09/2018 16:59 WIB

Mari Kenali Gejala Penyakit Diri Sendiri

Gejala-gejala penyakit kadang-kadang membingungkan.

Ilustrasi menjaga kesehatan

Jakarta - Segala risiko ada di sekitar kita. Berada di dekat orang yang bersin dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena flu. Obesitas meningkatkan kemungkinan Anda menderita diabetes. Merokok meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker. Lalu, bagaimana Anda bisa mengetahui mana risiko kesehatan yang dapat mengancam Anda?

Gejala-gejala penyakit kadang-kadang membingungkan. Namun dengan mengetahui gejala-gejala penyakit, dapat membantu Anda dan orang-orang yang Anda cintai untuk mencegah penyakit tertentu. Di sisi lain, hal ini juga berguna bagi dokter untuk membuat suatu keputusan.

"Memahami gejala-gejala penyakit adalah kunci untuk membuat keputusan kesehatan Anda sendiri," kata Dr William Elwood, seorang ilmuan psikologi dan perilaku di NIH, dikutip dari News In Health. Mengetahui gejala penyakit pada diri sendiri, menurut William sangat bermanfaat, untuk meredam kepanikan ketika muncul gejala-gejala penyakit tertentu.

Mengetahui risiko kesehatan adalah kesempatan untuk mengetahui bahwa sesuatu akan merugikan atau mempengaruhi kesehatan Anda. Risiko tidak berarti bahwa akan ada sesuatu yang buruk pasti akan terjadi. Ini hanyalah beberapa kemungkinan. Karena masih terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi risiko kesehatan. Di antaranya: usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan keluarga, gaya hidup, dan lain sebagainya. Meski demikian, beberapa faktor risiko tidak dapat diubah, seperti gen atau etnis.

TAGS : Gaya Hidup penyakit tips kesehatan




TERPOPULER :