Kamis, 04/03/2021 22:38 WIB

Menteri Pertahanan Kolombia Meninggal usai Positif Covid-19

Menteri Pertahanan Kolomboa, Carlos Holmes Trujillo (69) meninggal dunia setelah diketahui mengidap Covid-19 pada awal bulan ini.

Carlos Holmes Trujillo (Foto: BBC)

Bogota, Jurnas.com - Menteri Pertahanan Kolomboa, Carlos Holmes Trujillo (69) meninggal dunia setelah diketahui mengidap Covid-19 pada awal bulan ini.

"Kolombia kehilangan salah satu orang terbaiknya," kata Presiden Kolombia Ivan Duque, pada Selasa (26/1) dikutip dari BBC.

Sebagai politisi senior, Trujillo merupakan tokoh kunci dalam perjuangan Kolombia memerangi kejahatan terorganisir. Dia mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit militer Bogota.

Saudaranya, Jose Renan Trujillo memberikan penghormatan di Twitter. "Sangat menyakitkan saya mendengar saudara laki-laki saya telah meninggal. Dia berjuang untuk keyakinannya dan dia mati membela mereka," tulis dia.

Karir Trujillo berlangsung selama lebih dari 30 tahun melalui beberapa periode paling kejam di Kolombia, termasuk konflik pemerintah dengan kelompok pemberontak bersenjata Farc.

Dia adalah bagian dari reformasi konstitusi Kolombia pada 1991, yang merupakan syarat kesepakatan damai dengan kelompok gerilyawan terkemuka M-19.

Pernah menjabat sebagai walikota Cali, Trujillo memegang berbagai posisi pemerintahan termasuk menteri dalam negeri, menteri luar negeri, dan menteri pendidikan.

Sebagai menteri pertahanan, ia mengoordinasikan operasi militer dan polisi melawan perdagangan narkoba, kelompok bersenjata ilegal, dan pertambangan gelap.

TAGS : Carlos Holmes Trujillo Menteri Pertahanan Kolombia Positif Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :