Jum'at, 19/04/2024 21:24 WIB

Karyawan Google Membentuk Aliansi Serikat Global

UNI Global Union, yang mewakili sekitar 20 juta pekerja secara global, mengatakan pada hari Senin (25/1/2021) bahwa mereka membantu pembentukan Alpha Global.

Sebuah tanda digambarkan di luar kantor Google di dekat kantor pusat perusahaan di Mountain View, California. (Foto: Reuters)

Jurnas.com - Karyawan Google dari seluruh dunia membentuk aliansi serikat, beberapa minggu setelah pekerja di  mesin pencari terbesar tersebut membentuk serikat pekerja untuk kantor Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

UNI Global Union, yang mewakili sekitar 20 juta pekerja secara global, mengatakan pada hari Senin (25/1/2021) bahwa mereka membantu pembentukan Alpha Global, aliansi persatuan Google yang mencakup banyak negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Swiss, Swedia dan Inggris.

Dilansir dari Reuters, Selasa (26/1/2021) Alpha Global akan memperjuangkan hak-hak karyawan full-time Alphabet serta pekerja sementara, vendor dan kontrak, kata UNI Global.

“Masalah di Alphabet tidak terbatas pada satu negara, dan harus ditangani pada tingkat global,” kata Sekretaris Jenderal UNI Christy Hoffman.

Setelah protes selama bertahun-tahun atas kondisi kerja dan praktik bisnis, 200 pekerja Google membentuk Alphabet Workers Union, yang disebut "serikat minoritas", pada awal Januari.

Di bawah undang-undang ketenagakerjaan AS, Alphabet dapat mengabaikan tuntutan serikat sampai mayoritas karyawan mendukungnya.

KEYWORD :

Google Aliansi Serikat Alpha Global Pekerja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :