Minggu, 07/03/2021 09:55 WIB

Ini Alasan Samsung Luncurkan Lebih Awal Smartphone Anyar Galaxy S

Samsung juga ingin merebut pangsa pasar setelah Huawei Technologies China terkena sanksi Amerika Serikat (AS) yang membatasi pasokannya dan merugikan penjualan.

Perkiraan penampakan Samsung S21 yang akan diluncurkan besok. (Foto: thedailystar.net)

Seoul, Jurnas.com -  Samsung Electronics Co Ltd meluncurkan smartphone Galaxy S pertama dengan stylus untuk pekerjaan di layar yang disebut S Pen. Ponsel tersebut diluncurkan lebih cepat dari jadwal rilis tahunan yang biasanya untuk model ponsel compact andalannya.

Dilansir dari Reuters, analis mengatakan menawarkan stylus dalam seri Galaxy S21 mungkin menandakan raksasa teknologi Korea Selatan akan menggabungkan garis S dengan jajaran smartphone premium lainnya, Note, yang sudah dilengkapi dengan stylus pencatat.

Itu dapat membebaskan sumber daya bagi Samsung untuk mendorong jajaran ponsel lipat kelas atas yang terpisah sebagai produk massal utama daripada perangkat khusus.

Para analis juga mengatakan, Samsung juga ingin merebut pangsa pasar setelah Huawei Technologies China terkena sanksi Amerika Serikat (AS) yang membatasi pasokannya dan merugikan penjualan.

Peluncuran awal Galaxy S21 kemungkinan merupakan taktik untuk memanfaatkan kesengsaraan Huawei, kata analis Counterpoint Research Sujeong Lim. Iterasi baru dari Note biasanya datang pada paruh kedua tahun ini.

Lim mengatakan Samsung menghadapi persaingan ketat dalam kategori kelas atas dari vendor China di tengah meningkatnya permintaan perangkat yang dapat digunakan untuk pekerjaan jarak jauh di tengah pandemi virus corona, serta bermain seperti videogaming.

Di AS, kisaran harga Galaxy S21 mulai dari $ 799,99, versi S21 Plus pada $ 999,99, dan S21 Ultra pada $ 1.199,99. Pihak Samsung mengatakan,  seri ini akan tersedia secara luas mulai 29 Januari melalui Samsung.com, operator dan pengecer daring.

Dengan chip pemrosesan tercanggih di semua perangkat Galaxy, S21 kompatibel dengan 5G dan dirancang untuk merekam dan melihat video dan gambar serta pekerjaan di layar. Ujung atas kisaran, Ultra satu-satunya versi yang sesuai dengan stylus S Pen, yang harus dibeli secara terpisah  menggunakan kamera belakang empat lensa yang memungkinkan pengambilan gambar sudut dan zoom yang berbeda.

Samsung berencana untuk menawarkan stylus dengan perangkat lain, kata TM Roh, kepala bisnis komunikasi seluler Samsung.

Ukuran layar S21 standar adalah 6,2 inci, dengan S21 Plus 6,7 inci dan S21 Ultra 6,8 inci, optimal untuk menonton video dan bermain game. Dua yang terakhir berukuran hampir sama dengan `phablet` Galaxy Note tahun lalu - persilangan antara ponsel dan tablet.

Seri S21 didukung oleh chip Qualcomm Inc Snapdragon 888 atau chip Exynos 2100 milik Samsung tergantung pada wilayahnya, kata Samsung. Qualcomm mengatakan bulan lalu chip 5G akan diproduksi oleh divisi pembuat chip Samsung.

TAGS : Galaxy S Samsung Electronics Galaxy S21




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :