Sabtu, 06/03/2021 07:03 WIB

Luar Negeri

Korban Badai Haiti Jarah Bantuan PBB

Dengan kondisi tersebut, Ban Ki-Moon menjanjikan untuk memberikan bantuan lebih banyak lagi dan mendesak negara-negara untuk menyumbang untuk Haiti. 

Haiti - Warga Haiti terkena dampak Badai Matthew yang menewaskan 900 korban tewas beberapa yang lalu, menjarah truk bantuan saat sekjen PBB, Ban Ki-Moon mengunjunginya. Bahkan dia menyaksikan langsung penjarahan yang terjadi di Les Cayes.

Dengan kondisi tersebut, Ban Ki-Moon menjanjikan untuk memberikan bantuan lebih banyak lagi dan mendesak negara-negara untuk menyumbang untuk Haiti.  Pejabat negara itu mengatakan lebih dari 1,4 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan secepatnya.

Pasca bencana badai itu, ketegangan meningkat akibat bantuan belum menyentuh banyak korban yang mengalami gagal panen dan kesulitan pasokan air akibat bencana.

Pasukan perdamaian PBB dan polisi Haiti menggunakan gas air mata untuk membubarkan sekitar 100 penduduk yang menyerbu konvoi kendaraan yang mengangkut bantuan kemanusiaan di Les Cayes pada Sabitu (15/10) waktu setempat.

"Kami memahami ketidaksabaran dan kemarahan warga yang menunggu bantuan darurat. Kami melakukan semua yang kami bisa untuk memfasilitasi datangnya bantuan secepatnya mungkin," kata sekjen PBB dilansir BBC.

TAGS : Badai Topan Badai Matthew Haiti




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :