Kamis, 21/01/2021 01:36 WIB

Rynat Akhmetov, Si Tajir Melintir Pemilik Shakhtar Donetsk

Sosok Rynat Akhmetov masih tak tergantikan di tubuh klub Shakhtar Donetsk. Dia ada pemilik klub Ukraina tersebut sejak 1996 silam hingga saat ini.

Rynat Akhmetov pemilik klub Shakhtar Donetsk (Foto: Marca)

Kiev, Jurnas.com - Sosok Rynat Akhmetov masih tak tergantikan di tubuh klub Shakhtar Donetsk. Dia ada pemilik klub Ukraina tersebut sejak 1996 silam hingga saat ini.

Dikutip dari Marca pada Selasa (1/12), kendati kekayaannya dianggap anjlok dalam beberapa tahun terakhir, Akhmetov tetap saja masih menjadi pria terkaya di Ukraina.

Sejak menjadi presiden Shakhtar pada 1996, timnya telah memenangkan 34 dari 39 gelar dalam sejarah klub. Tapi sepak bola tidak lebih dari sekadar hobi bagi pria terkaya ke-875 di dunia ini.

Dalam peringkat Forbes, Akhmetov pernah mencapai peringkat 275 berkat kekayaan US$6,7 miliar. Sementara sumber lain menyebut bahwa ia mengumpulkan hampir US$12 miliar. Dan saat ini kekayaan Akhmetov diyakini turun menjadi US$2,9 miliar.

Akhmetov memiliki lebih dari 100 perusahaan. Putra penambang batu bara di Donbas, Ukraina itu membangun kekayaannya pada tahun 1990-an setelah runtuhnya Uni Soviet.

Dia memanfaatkan privatisasi di Ukraina untuk menciptakan jaringan di mana sulit untuk memisahkan politik dan ekonomi.

Konferensi Perdamaian Minsk

Selama konferensi perdamaian Minsk, Akhmetov terlihat dekat dengan Viktor Yanukovych, presiden Ukraina yang digulingkan pasca dituduh melakukan pengkhianatan dan mendukung Rusia dalam konflik antara kedua negara di wilayah Donbas sejak April 2014.

Sosok presiden Shakhtar itu diselimuti misteri, seolah-olah dia tokoh Perang Dingin. Amerika Serikat menolak visanya, tetapi semua orang di Ukraina tahu bahwa kunjungannya ke kedutaan AS di Kiev adalah hal biasa.

Akhmetov adalah tokoh penting di balik layar ketika pada Februari 2015 para pemimpin Belarus, Rusia, Jerman, Prancis, dan Ukraina bertemu di Minsk untuk mencoba mengurangi konfrontasi antara Moskow dan Kiev.

Bisnisnya terus bergerak di kedua sisi konflik. Dia mempengaruhi Kiev dan dia diandalkan di daerah-daerah di mana Rusia menang.

Akhmetov juga diketahui memiliki rumah besar yang spektakuler di Hyde Park, London, di mana ia membayar US$150 juta pada 2011. Januari lalu ia membeli Villa Les Cedres, di Saint-Jean-Cap- Ferrat, Prancis tenggara seharga 200 juta euro.

TAGS : Rynat Akhmetov Shakhtar Donetsk Pria Tajir Klub Ukraina




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :