Minggu, 17/01/2021 20:23 WIB

Kenalkan Vokasi, Kemdikbud Ciptakan Lagu Khusus

Lagu ini diciptakan sejak pertengahan 2020, bertepatan dengan masa pandemi Covid-19, dengan menggandeng kreator musik dan lirik, Wahyu Hermawan yang berduet dengan Darmawan Okto.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud Wikan Sakarinto (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar lomba cover lagu `Condong pada Mimpi-Vokasi Berjaya`, yang dikreasikan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto.

Lagu ini diciptakan sejak pertengahan 2020, bertepatan dengan masa pandemi Covid-19, dengan menggandeng kreator musik dan lirik, Wahyu Hermawan yang berduet dengan Darmawan Okto.

Selain untuk lebih memperkenalkan vokasi kepada khalayak luas, Wikan juga ingin mengajak generasi muda untuk melanjutkan pendidikan sesuai minat (passion).

Melalui lagu `Condong pada Mimpi-Vokasi Berjaya`, ia berharap, anak-anak mengetahui pendidikan vokasi dan dapat memilih jalur ini dengan lebih yakin jika itu memang mimpi, gairah dan minat mereka.

"Saya ingin menyampaikan pesan yang memotivasi generasi muda dan orang tua juga harus tahu passion bakat anak. Jangan anggap versi kebahagiaan anak adalah versi kebahagiaan orang tua. Jangan sampai keterpaksaan itu terjadi kepada anak-anak kita," terang Wikan pada Jumat (27/11).

Dalam ajang lomba cover ini, tercatat 1000 video bersaing untuk memperebutkan juara di masing-masing kategorinya. Untuk kategori A (peserta didik, pendidik, civitas aktif pada satuan pendidikan vokasi), juara pertama adalah Btari Chinta dari Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sekolah Musik Vidi Vici. Juara kedua adalah Pro-Vokasi dari Vokasi Universitas Brawijaya. Juara ketiga adalah Yula Diana dari SMK Negeri 1 Grati.

Selanjutnya, untuk kategori B (umum dan alumni vokasi) juara pertama adalah Olive Prima asal Depok, Jawa Barat. Juara kedua adalah Purnama Nuraeni asal Kota Bogor, Jawa Barat. Juara ketiga adalah EBB asal Kabupaten Tulungagung.

Berikutnya, untuk kategori C (politeknik dan satuan pendidikan vokasi) juara pertama adalah LKP Nuning. Juara kedua adalah SMKS TI Muhammadiyah Cikampek. Juara ketiga adalah Indonesia Tourism School-Bali.

Terakhir, Kemendikbud juga memberi apresiasi untuk pemenang kategori ekspos digital yaitu Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Politeknik Negeri Lampung, dan Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Lagu `Condong pada Mimpi-Vokasi Berjaya` dapat dinikmati di berbagai portal digital, antara lain Spotify, Apple Music, iTunes, Youtube, dan beberapa layanan digital music streaming lainnya.

TAGS : Dirjen Vokasi Wikan Sakarinto Kemdikbud Lagu Condong pada Mimpi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :