Senin, 25/01/2021 08:06 WIB

Pjs. Bupati Sergai Tinjau dan Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Banjir

Banjir melanda beberapa desa di Kabupaten Sergai yang biasanya terjadi pada akhir tahun akibat intensitas hujan yang tinggi, yaitu pada bulan Oktober-November.

Pjs. Bupati Serdang Bedagai mengunjungi tempat pengungsian warga yang terdampak banjir di Sei Rampah. (Foto: Ist)

Sei Rampah, Jurnas.com - Tingginya curah hujan di bulan Oktober-Desember mengakibatkan sebagian daerah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tergenang banjir.

Hal ini mendapat perhatian khusus Penjabat sementara (Pjs.) Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si, saat meninjau langsung masyarakat yang mengungsi akibat dampak bencana banjir salah satunya di Jl. Kancil Desa, Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah, Rabu (25/11/2020).

Irman menyampaikan keprihatinan mendalam akibat musibah yang menimpa warga Sei Rampah dan masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat yang mesti mengungsi akibat kediamannya yang terendam banjir.

Banjir melanda beberapa desa di Kabupaten Sergai yang biasanya terjadi pada akhir tahun akibat intensitas hujan yang tinggi, yaitu pada bulan Oktober-November. Selain curah hujan yang tinggi, faktor penyebab banjir juga ditenggarai akibat kiriman banjir dari daerah dataran tinggi seperti Simalungun dan Pematang Siantar,” jelas Irman.

Dirinya juga menuturkan, kondisi pasang air laut juga bisa menjadi salah satu penyebab karena arus volume air tidak tertahan. “Faktor lainnya adalah tanggul yang jebol di beberapa titik yaitu di Sibaro Kecamatan Dolok Masihul, Sei Belutu Kecamatan Sei Bamban, Simalas di Kecamatan Sipispis dan beberapa lainnya,” paparnya.

Banjir kali ini, kata Pjs. Bupati, berdampak kepada 4.570 Kepala Keluarga di 5 Kecamatan.

“Rinciannya, 1.246 KK yang tersebar di 10 Desa/Kelurahan di Kecamatan Dolok Masihul, lalu di Sei Bamban 565 KK terdampak dan merendam 550 HA sawah, selanjutnya di Tebing Tinggi terdampak 125 KK yang berdomisili di Desa Paya Bagas dan merendam 185 HA sawah. Kemudian di Kecamatan Sipispis, khususnya di Desa Simalas, terdampak 36 KK dan terakhir di Sei Rampah sebanyak 2.598 KK terdata jadi korban,” jelasnya kemudian.

Kehadiran Pjs. Bupati Sergai ini juga diikuti dengan kegiatan pemberian bantuan berupa sembako dan perahu karet untuk membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas di tengah banjir yang sedang terjadi.

“ Kami ingin memastikan jangan sampai ada warga kita yang kelaparan atau sakit akibat bencana banjir ini. Kami juga menyampaikan bahwa Pemkab Sergai sangat berharap agar Badan Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Sumut dapat segera turun langsung dan melakukan tindakan yang diperlukan agar banjir ini tidak lebih meluas lagi,” pungkasnya.

Ikut pula mendampingi Pjs Bupati Sergai dalam tinjauan ini Kadis Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, Kepala BPBD Sergai H. Henry Suharto, SH, M.AP, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution, S.Sos, MM dan Kades Sei Rampah Munajat.

TAGS : Sergai Banjir Irman




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :