Jum'at, 22/01/2021 13:11 WIB

Biden Menang, Macron Minta Eropa Tak Bergantung pada Pertahanan AS

Prancis mengatakan siap untuk bekerja dengannya dalam masalah seperti iklim, kesehatan, dan perang melawan terorisme.

Emmanuel Macron

Paris, Jurnas.com - Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan, Eropa masih membutuhkan strategi pertahanan independen dan berdaulatnya sendiri, bahkan jika itu berurusan dengan pemerintah baru Amerika Serikat (AS) yang dapat menghasilkan hubungan yang lebih bersahabat.

Dalam wawancara dengan Revue Grand Continent, Macron menepis komentar dari Menteri Pertahanan Jerman, Annegret Kramp-Karrenbauer kepada Politico pada 2 November, di mana menteri Jerman mengatakan Eropa harus tetap bergantung pada perlindungan militer AS dalam waktu dekat.

"Saya sama sekali tidak setuju dengan artikel opini yang diterbitkan di Politico oleh menteri pertahanan Jerman," kata Macron, menambahkan dia yakin Kanselir Jerman Angela Merkel berbagi posisinya tentang masalah ini.

"AS hanya akan menghormati kami sebagai sekutu jika kami serius tentang posisi kami sendiri, dan jika kami memiliki kedaulatan sendiri terkait pertahanan kami," kata Macron.

"Kita perlu terus membangun otonomi kita sendiri, seperti yang dilakukan Amerika Serikat untuk dirinya sendiri, dan seperti yang dilakukan China untuk dirinya sendiri," tambah Macron.

Macron berbicara dengan Presiden terpilih AS Joe Biden pada 10 November, dan mengatakan kepada Biden bahwa dia siap untuk bekerja dengannya dalam masalah seperti iklim, kesehatan, dan perang melawan terorisme.

TAGS : Prancis Emmanuel Macron Amerika Serikat Joe Biden




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :