Kamis, 03/12/2020 17:56 WIB

Kemdikbud Luncurkan Buku Praktik Baik KKN Tematik Covid-19

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan buku implementasi praktik baik Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan buku implementasi praktik baik Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengatakan, peluncurkan buku ini merupakan langkah lanjutan setelah 15.000 mahasiswa turut melakukan pengabdian masyarakat sejak April 2020, untuk memitigasi pandemi melalui program Relawan Covid-19 Nasional (RECON).

Inisiatif bergotong royong kembali ditunjukkan oleh ribuan mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar Perintis, di mana mahasiswa membantu pembelajaran murid-murid SD serta program-program KKN Tematik yang telah berjalan sejak bulan Juni 2020.

"Kemdikbud telah berkolaborasi dengan BNPB, Kemendagri, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk menjalankan program kolaborasi nasional KKN Tematik Covid-19 yang melibatkan lebih dari 5.600 mahasiswa dari lebih 200 perguruan tinggi," terang Mendikbud pada Kamis (29/10).

"Fokus utamanya ialah melakukan edukasi kepada masyarakat dalam adaptasi kebiasaan baru sekaligus aktualisasi rogram Merdeka Belajar. Praktik baik implementasi KKN Tematik kemudian dituangkan dalam buku pembelajaran," ujar Nadiem.

Melalui buku ini, Nadiem berharap kegiatan KKN Tematik Covid-19 dapat menginspirasi banyak orang khususnya generasi muda untuk terus memberikan kontribusi konkret pada masyarakat.

Dia pun mengapresiasi inisiatif dan semangat perguruan tinggi yang melakukan pengabdian untuk masyarakat, bangsa, dan negara dengan karya yang nyata bukan hanya sekadar wacana.

Menurutnya, kerelawanan mahasiswa merupakan contoh pemimpin dan generasi unggul harapan bangsa. Ia pun menegaskan bahwa anak muda merupakan motor perubahan bangsa untuk menuju ke arah yang lebih baik dan kemajuan Indonesia.

TAGS : Kemdikbud Buku Praktik Baik KKN Tematik Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :