Kamis, 25/04/2024 17:51 WIB

Lihat Potensi Tanaman Hias, Bupati Bogor Dialog Dengan Paguyupan Petani Tanaman Hias Sukamantri

Di masa pandemi sekarang ini, lagi trend mengurus tanaman, karena banyak orang yang mengalami keterbatasan untuk keluar rumah.

Bupati Bogor, Ade Yasin berdialog dengan Paguyupan Petani Tanaman Hias Sukamantri.

Kabupaten Bogor, Jurnas.com - Kamis (22/10/2020) siang istimewa tadi, Bupati Bogor Ade Yasin melihat potensi tanaman hias Kabupaten Bogor yang luar biasa serta melakukan dialog dengan paguyuban petani tanaman hias sukamantri. Ade Yasin mengungkapkan, ingin mengetahui bagaimana kondisi penjualan tanaman hias di tengah pandemi Covid-19 dan apa saja yang menjadi kendala para petani.

"Mari kita urai bersama jika ada masalah atau ada kendala yang menghambat produktifitas para penggiat tanaman hias" Beber Bupati Bogor Ade Yasin.

Yang kita tahu, pandemi Covid19 berdampak pada semua sektor, tetapi ternyata tidak untuk tanaman hias. Penjualan tanaman hias justru mengalami peningkatan di masa ini, omsetnya bisa sampai 200-300jt sehari secara keseluruhan di Kabupaten Bogor.

"Di masa pandemi sekarang ini, lagi trend mengurus tanaman, karena banyak orang yang mengalami keterbatasan untuk keluar rumah, ini bukan sekedar hobby tetapi menghasilkan untuk keluarga dan wilayah" kata Ade Yasin.

Dialog yang dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Holtikultura dan Perkebunan, Dekan Pertanian IPB, Camat Tamansari serta Kepala Desa Sukamantri itu berlangsung hangat.

Ketua Paguyuban Petani Tanaman Hias Sukamantri memfasilitasi para petani untuk menyampaikan kendalanya, beberapa kendala diantaranya adalah stock tanaman untuk diekspor, akses transportasi menuju kesini, serta kurangnya pameran tanaman hias.

Bupati Bogor Ade Yasin langsung menanggapi hal tersebut dengan menginstruksikan Kadistanhorbun membentuk kultur jaringan untuk mempercepat stock tanaman, dan menginstruksikan Kepala Desa menindaklanjuti apa yang menjadi kendala, salah satunya dengan menggunakan anggaran 1M untuk satu desa agar dimanfaatkan untuk perbaikan infrastruktur jalan menuju rumah tanaman hias.

Ade Yasin juga mengajak untuk mengambangkan tanaman hias dan mengapresiasi para petani yang telah sukses mengekspor tanaman hias sampai ke berbagai negara.

"Saat ini udah ekspor ke Europa, Amerika, Jepang, Korea, bahkan ke Afrika. Jadi ini potensi yang luar biasa, patut kita support, karena ini sumber ekonomi daerah, selain pengembangan tanaman ini bisa menjadi agro wisata" pungkas Ade Yasin Bupati Bogor.

KEYWORD :

Ade Yasin Tanaman Hias Sukamantri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :