Sabtu, 20/04/2024 05:30 WIB

Satu Tahun Jokowi-Maruf, PDIP Ingatkan Kabinet Jangan Berimajinasi 2024

Soliditas dan daya juang para menteri di tengah pandemi ini sangat penting

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Satu tahun pemerintahan Jokowi-KH Ma’ruf Amin diwarnai oleh tantangan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya, yakni Pandemi Covid-19.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, konsolidasi politik dan pemerintahan merupakan modal terpenting dalam menghadapi tantangan Covid-19 yang berdampak ke semua sendi kehidupan.

"Krisis harus dihadapi dengan komunikasi politik yang handal, kemampuan membangun harapan, dan perlunya memercepat gerak dan laju perekonomian untuk rakyat," ujar Hasto, Selasa (20/10/2020).

Ia menegaskan, PDI Perjuangan sangat memahami beratnya tantangan yang dihadapi. Maka semua jajaran kabinet pemerintahan Jokowi-Kiai Maruf wajib memiliki kemampuan membangun koordinasi, kerjasama, dan cakap dalam melakukan komunikasi publik. Para menteri harus fokus pada ruang lingkupnya.

Kata Hasto, hal-hal yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, seperti stabilitas harga kebutuhan pokok rakyat, dan upaya menciptakan lapangan kerja bagi rakyat melalui padat karya berbasis tunai terus dikedepankan.

"Pada saat bersamaan, peningkatan daya tahan rakyat di dalam menghadapi Covid-19 melalui asupan gizi, protein, dan vitamin yang cukup, harus dilakukan melalui kerja gotong royong seluruh jajaran pemerintahan, pusat hingga daerah," lanjutnya.

Hasto juga mengingatkan posisi menteri sebagai pembantu presiden. Mereka harus berani mengambil terobosan kebijakan, karena seharusnya paham betul hal ikhwal kementrian yang dipimpinnya.

Totalitas jajaran kabinet sangat penting. Karena itulah ketika ada indikasi menteri yang terlalu berimajinasi pada kontestasi Pemilu 2024, dan melupakan tugas dan tanggung jawab utamanya sebagai pembantu presiden, sebaiknya segera menghentikan seluruh gerak pencitraannya, dan menempatkan kejar prestasi sebagai bagian budaya kerja.

"Sebab soliditas dan daya juang para menteri di tengah pandemi ini sangat penting," lanjutnya.

Pada akhirnya, Hasto menegaskan PDI Perjuangan terus mendorong kerjasama dengan seluruh Parpol Pengusung Pemerintahan baik di pusat, daerah, dan juga dukungan dari seluruh basis akar rumput Partai.

"Kerjasama politik juga dikedepankan dengan membangun dialog dengan seluruh elemen masyarakat. Kunci menghadapi krisis akibat pandemi adalah dialog, gotong royong, dan ciptakan kondisi politik yang stabil. Mereka yang memancing di air keruh daam situasi pandemi ini, akan berhadapan dengan kekuatan rakyat," tukas Hasto Kristiyanto.

KEYWORD :

PDI Perjuangan Kabinet Menteri 2024 Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :