Selasa, 27/10/2020 15:46 WIB

Pemimpin Singapura Puji Pertumbuhan Ekonomi China

China, yang merupakan ekonomi terbesar kedua di dunia, adalah mitra dagang utama bagi banyak negara, termasuk Singapura.

Menteri Kesehatan China mengumumkan sudah tidak ada lagi pasien positif Covid-19 yang dirawat di RS Wuhan. Foto: financialexpress

Singapura, Jurnas.com - Presiden Singapura, Halimah Yacob mengucapkan selamat kepada China pada peringatakan ulang tahun ke-71 berdirinya Republik Rakyat China (RRC).

Dalam suratnya kepada Presiden China, Xi Jinping, Halimah mengatakan, China telah membuat kemajuan besar selama tujuh dekade terakhir, terutama setelah peluncuran reformasi dan kebijakan keterbukaannya pada tahun 1978.

Ia mengatakan, China, yang merupakan ekonomi terbesar kedua di dunia, adalah mitra dagang utama bagi banyak negara, termasuk Singapura, dan China adalah salah satu negara pertama yang mengendalikan pandemi COVID-19 dan menghidupkan kembali ekonominya.

"Hubungan Singapura-China tumbuh seiring dengan perkembangan China," kata Halimah, menambahkan bahwa tahun ini merupakan peringatan 30 tahun hubungan diplomatik antara Singapura dan China.

"Dalam kurun waktu tiga puluh tahun yang singkat, hubungan bilateral kita telah diperkuat secara signifikan dan membuka jalan baru di berbagai bidang. Di tengah pandemi, negara kami telah memperdalam kerja sama bilateral dan rakyat kami telah saling mendukung," ujarnya.

"Saat kita melangkah ke dunia pasca-COVID-19, saya yakin kedua negara kita akan terus bekerja sama untuk kepentingan bersama bagi masyarakat kita. Saya berharap Republik Rakyat Tiongkok melanjutkan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran," kata Halimah.

Sementara itu, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong dalam suratnya kepada kepada Perdana Menteri China, Li Keqiang, memuji pertumbuhan luar biasa China selama beberapa dekade terakhir.

"Setelah mengangkat ratusan juta orang keluar dari kemiskinan, China berharap dapat sepenuhnya mengentaskan kemiskinan pada akhir tahun ini. Prestasi ini menjadi bukti keuletan masyarakat Tionghoa," tulisnya.

"Bahkan dalam lingkungan global yang semakin tidak menentu, saya yakin bahwa China akan terus tumbuh dan berkontribusi pada stabilitas dan kemakmuran kawasan kita dan dunia," sambungnya.

Lee mengatakan, kerja sama antara Singapura dan China substansial dan ambisius dan berkisar dari membangun kawasan industri, pengembangan kota ramah lingkungan yang berkelanjutan dan meningkatkan konektivitas antara kedua negara.

Ia juga mengatakan, Singapura dan China sedang mengerjakan bidang baru kerjasama dalam manajemen kesehatan masyarakat serta penelitian dan pengembangan vaksin.

Ia nambahkan bahwa Singapura mengharapkan penyelesaian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional, yang akan menjadi penegasan tepat waktu atas komitmen bersama kami untuk menegakkan sistem perdagangan multilateral berbasis aturan.

"Saya berharap Republik Rakyat China melanjutkan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran," ujarnya. (CNA)

TAGS : Ulang Tahun China Pemerintah Singapura Halimah Yacob Lee Hsien Loong




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :