Rabu, 25/11/2020 22:51 WIB

Calon Vaksin COVID-19 Moderna Tunjukkan Hasil Positif pada Orang Tua

Studi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, menawarkan gambaran yang lebih lengkap tentang keamanan vaksin pada orang tua, kelompok yang berisiko tinggi mengalami komplikasi parah akibat COVID-19.

Vaksinasi flu selama kehamilan aman bagi ibu dan anak-anak, sebuah studi baru ditemukan. Foto milik HealthDay News

Chicago, Jurnas.com - Hasil dari studi keamanan awal terhadap kandidat vaksin virus corona baru (COVID-19) Moderna Inc menunjukkan efektivitas dan keamanan penggunaan terhadap orang tua.

Studi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, menawarkan gambaran yang lebih lengkap tentang keamanan vaksin pada orang tua, kelompok yang berisiko tinggi mengalami komplikasi parah akibat COVID-19.

Dr. Evan Anderson, salah satu peneliti utama studi tersebut dari Emory University di Atlanta mengatakan, temuan ini meyakinkan karena kekebalan cenderung melemah seiring bertambahnya usia. 

Penelitian ini merupakan perpanjangan dari uji coba keamanan Fase I Moderna, yang pertama kali dilakukan pada individu berusia 18-55 tahun. Proses ini menguji dua dosis vaksin Moderna, yaitu 25 mikrogram dan 100 mikrogram pada 40 orang dewasa berusia 56 hingga 70 dan 71 ke atas.

Secara keseluruhan, tim menemukan pada orang tua yang menerima dua suntikan dari 100 mikrogram dosis dengan selang waktu 28 hari, vaksin tersebut menghasilkan tanggapan kekebalan kira-kira sejalan dengan yang terlihat pada orang dewasa.

Moderna sudah menguji dosis yang lebih tinggi dalam uji coba besar Tahap III, tahap terakhir sebelum meminta otorisasi atau persetujuan darurat.

Anderson mengatakan efek samping dari vaksin tersebut termasuk sakit kepala, kelelahan, nyeri tubuh, menggigil dan nyeri tempat suntikan. Setidaknya dalam dua kasus, relawan mengalami reaksi yang parah.

Seseorang ditemukan demam tingkat tiga dengan 39 derajat celcius atau lebih setelah menerima dosis vaksin yang lebih rendah. Kelelahan lainnya berkembang begitu parah sehingga mencegah aktivitas sehari-hari untuk sementara.

Menurut Anderson, efek samping biasanya terjadi segera setelah menerima vaksin dan diatasi dengan cepat. "Ini mirip dengan apa yang dialami banyak orang dewasa yang lebih tua dengan vaksin influenza dosis tinggi. Mereka mungkin merasa tidak enak atau demam," ujarnya.

TAGS : Virus Corona Vaksin Moderna Orang Tua Lanjut Usia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :