Kamis, 25/04/2024 19:12 WIB

Bidik Ekspor, Warso Farm Perluas Lahan Buah Naga dan Durian

Kementan akan menerjunkan para peneliti Hortikukultura untuk pendampingan dalam proses pembibitan.

Pohon durian. (Foto: Ist)

Bogor, Jurnas.com - Perkebunan Durian Warso Farm berencana mengembangkan 13 hektare lahan kosong untuk tanaman buah naga dan durian di kaki Gunung Salak, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pengelola sekaligus pemilik Warso Farm, Voni Pawaka menguraikan bahwa pengembangan ini merupakan upaya Warso Farm dalam memenuhi kebutuhan buah Indonesia, khsusnya kebutuhan pasar ekspor.

"Karena itu, kami minta pendampingan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) untuk melihat jalanya proses penanaman hingga produkai buah kami," ujar  Voni Pawaka, Sabtu (19/9).

Sejauh ini, kata Voni, pihaknya sudah mengajukan surat pengajuan benih, termasuk pengajuan tanaman hias seperti philodentron dan simonium. Dua item itu diajukan untuk memenuhi kebutuhan aneka ragam pertanian di Kabupaten Bogor dan sekitarnya.

"Sudah kami ajukan melalui daring. Alhamdulillah kami sudah dua kali mendapat respon baik," katanya.

Menanggapi hal itu, Staf Khusus Menteri Pertanian, Bidang Pengembangan Agribisnis, Lutfi Halide menyambut baik usulan Warso Farm dalam mengembangkan tanaman buah naga, durian dan tanaman hias di Kabupaten Bogor.

Lutfi mengatakan, Kementan akan menerjunkan para peneliti Hortikukultura untuk pendampingan dalam proses pembibitan.

"Kami akan bantu karena setelah dilihat perkebunan disini masih memiliki kendala terhadap serangan-serangga dan rayap yang memenuhi akar pohon," kata Lutfi.

Lutfi menambahkan, Kementan akan menerjunkan para pendamping dari Direktorat Jenderal Hortikultura (Ditjen Hortikultura) untuk memantau jalanya proses pengembangbiakan bibit tanaman buah di Warso Farm dalam waktu dekat.

"Saya bilang ke Warso Farm kalau perkebunan disini tuh perlu dikasih pipa di sampingnya dengan kedalaman 50 cm. Disitulah aplikasi pestisidanya berjalan, supaya rayapnya mati. Nanti lah kita minta teman-teman Dirjen Hortikultura untuk turun supaya bisa optimal produksinya," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, Indonesia memiliki potensi besar dalam mengekspor buah durian. 

"Indonesia dan kejayaan aneka buah sayuran dan kacang-kacangan itu tidak kalah bagus dari produk dunia. Justru buah kita dari Sabang sampai Merauke menjadi kekuatan besar yang kita miliki," tutupnya.

KEYWORD :

Perkebunan Durian Warso Farm Buah Durian Buah Lokal Buah Naga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :