Jum'at, 26/04/2024 16:51 WIB

WFP Ajak Miliarder Bantu Selamatkan 30 juta Orang yang Berisiko Meninggal

Secara global, sekitar 270 juta orang berada di ambang kelaparan dan WFP berharap dapat menjangkau 138 juta orang tahun ini.

Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP) David Beasley menghadiri konferensi pers tentang ketahanan pangan di Yaman di Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa, Swiss, 4 Desember 2018. (Foto: Denis Balibouseksekutif/Reuters)

New York, Jurnas.com - Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (World Food Programme/WFP), David Beasley meminta para miliarder dunia membantu menyelamatkan sekitar 30 juta orang yang katanya berisiko meninggal jika tidak menerima bantuan WFP.

Dilansir dari Channelnewsasia, Beasley menyatakan, secara global, sekitar 270 juta orang berada di ambang kelaparan dan WFP berharap dapat menjangkau 138 juta orang tahun ini.

"Kami membutuhkan US$ 4,9 miliar untuk memberi makan, selama satu tahun, semua 30 juta orang yang akan meninggal tanpa bantuan WFP," kata Beasley, mencatat ada sekitar 2.000 miliarder dengan kekayaan bersih US$ 8 triliun dan beberapa di antaranya menghasilkan miliaran selama pandemi.

"Saya tidak menentang orang yang menghasilkan uang, tetapi umat manusia sedang menghadapi krisis terbesar yang pernah kita lihat dalam hidup kita," kata mantan gubernur Carolina Selatan itu.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Institute for Policy Studies (IPS) pada Juni, kekayaan gabungan miliarder Amerika Serikat (AS) melonjak lebih dari 19% atau setengah triliun sejak wabah pandemi virus corona baru di Negeri Paman Sam.

Dalam 11 minggu sejak 18 Maret, ketika lockdown dimulai di beberapa negara bagian AS, kekayaan pendiri Amazon, Jeff Bezos melonjak sekitar US$ 36,2 miliar, CEO Facebook, Mark Zuckerberg melonjak sekitar US$ 30,1 miliar dan Kepala Eksekutif Tesla, Elon Musk juga naik US$ 14,1 miliar.

"Sudah waktunya bagi mereka yang memiliki kemampuan paling banyak untuk melangkah, untuk membantu mereka yang memiliki sedikit waktu dalam waktu yang luar biasa dalam sejarah dunia ini," kata Beasley.

"Dunia membutuhkanmu sekarang dan inilah waktunya untuk melakukan hal yang benar," sambungnya.

KEYWORD :

Program Pangan Dunia Miliarder Dunia David Beasley Kelaparan Dunia Krisisi Pangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :