Sabtu, 20/04/2024 00:22 WIB

WHO: Satu dari 7 Infeksi COVID-19 Tejadi pada Petugas Kesehatan

Angka WHO tentang infeksi di antara petugas kesehatan adalah kesaksian yang mengejutkan.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (Dirjen WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

Jenewa, Jurna.com - Satu dari tujuh kasus COVID-19 yang dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah petugas kesehatan dan di beberapa negara angkanya meningkat menjadi satu dari tiga.

WHO menyerukan agar petugas medis garis depan diberikan peralatan pelindung untuk mencegah mereka terinfeksi virus corona baru, dan berpotensi menyebarkannya ke pasien dan keluarga mereka.

"Secara global sekitar 14 persen kasus Covid yang dilaporkan ke WHO terjadi di antara petugas kesehatan dan di beberapa negara sebanyak 35 persen," kata direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Tedros berpidato dalam konferensi pers yang menandai Hari Keselamatan Pasien Sedunia, di saat kasus infesi virus corona mendekati 30 juta, dengan 938.291 kematian.

"Bukan hanya risiko infeksi. Setiap hari, petugas kesehatan terkena stres, kelelahan, stigma, diskriminasi bahkan kekerasan," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus berpidato dalam konferensi pers yang menandai Hari Keselamatan Pasien Sedunia

Direktur jenderal Organisasi Perburuhan Internasional (ILO),Guy Ryder mengatakan, angka WHO tentang infeksi di antara petugas kesehatan adalah kesaksian yang mengejutkan.

"Keselamatan pasien juga membutuhkan jaminan keselamatan petugas kesehatan - dua sisi dari mata uang yang sama. Sayangnya terlalu sering jaminan tersebut hilang," kata Ryder.

Kepala Darurat WHO, Mike Ryan mengatakan bahwa ada tiga hal yang menghantui petugas kesehatan di garis depan wabah penyakit menular.

"Pertama adalah berdiri di sana dan melihat orang mati karena Anda tidak dapat membantu mereka. Kedua adalah melihat seorang pekerja jatuh dan tertular, sesama pekerja dan teman Anda.

"Dan yang ketiga - dan yang paling membebani petugas kesehatan dalam situasi ini - adalah kesempatan mereka membawa penyakit itu pulang ke keluarga mereka, ke teman mereka, ke anak-anak mereka," kata Ryan.

Lebih dari 1.000 perawat telah meninggal setelah tertular virus tersebut, Dewan Perawat Internasional, sebuah asosiasi yang berbasis di Jenewa, mengatakan dalam sebuah pernyataan. (Channelnewsasia)

KEYWORD :

Tenaga Medis Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus Kasus Virus Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :