Senin, 21/09/2020 03:17 WIB

Pompeo: Kami akan Kembali ke PBB untuk Berlakukan Kembali Sanksi Iran

Pompeo mengatakan bahwa sanksi terhadap Iran akan aktifkan kembali pada tengah malam GMT pada 20 September.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

London, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, AS akan kembali ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran minggu depan.

"AS juga akan melakukan semua yang diperlukan untuk memastikan sanksi tersebut diberlakukan," kata  Pompeo pada konferensi pers  dengan Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab di Washington, Rabu (16/9).

Dewan Keamanan PBB menolak tawaran AS pada 14 Agustus untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran setelah berakhir pada bulan Oktober.

Dilansir dari Arab News, mantan Direktur Central Intelligence Agency (CIA) itu mengatakan bahwa sanksi terhadap Iran akan diaktifkan kembali pada tengah malam GMT pada 20 September.

Meskipun AS menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran dua tahun lalu, Washington berpendapat bahwa hal itu dapat memicu sanksi snapback karena resolusi Dewan Keamanan 2015 yang menetapkan kesepakatan nuklir masih menyebut AS sebagai peserta.

Raab mengatakan bahwa Inggris dan AS berbagi sikap yang sama terhadap Iran, dan sebelumnya berkicau tentang perlunya mencegah pengejaran senjata nuklir oleh Republik Islam.

TAGS : Embargo Senjata Iran DK PBB Mohammad Javad Zarif Mike Pompeo Amerika Serikat Inggris




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :