Minggu, 01/11/2020 05:12 WIB

Program Beasiswa S-2 ke Korsel Dibuka, Tertarik?

Program Manager Beasiswa IKSP, Vivi menjelaskan program ini merupakan program resmi yang berkerjasama dengan International Korea Culture & Study (IKCS), dan 50 universitas di Korea Selatan.

IKSP menawarkan beasiswa S-2 ke Korea Selatan (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia-Korea Scholarship Program (IKSP) membuka program Beasiswa Profesor dan Beasiswa Universitas jenjang magister (S-2), bagi warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Korea Selatan.

Program Manager Beasiswa IKSP, Vivi Kartika menjelaskan program ini merupakan program resmi yang berkerjasama dengan International Korea Culture & Study (IKCS), dan 50 universitas di Korea Selatan.

"Beasiswa Indonesia—Korea Scholarship Program Master ini meliputi beasiswa yang diberikan oleh profesor di universitas atau disebut dengan Beasiswa Profesor, dan beasiswa yang diberikan oleh universitas langsung atau disebut dengan Beasiswa Universitas," terang Vivi di Jakarta pada Rabu (9/9).

Dalam program yang ditempuh selama 2-3 tahun ini, lanjut Vivi, IKSP bekerjasama dengan 50 universitas negeri dan swasta yang ada di Korea Selatan melalui program IKCS.

Lebih lanjut Vivi menyebut beasiswa ini bertujuan mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan.

"Komitmen IKSP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program magister di Korsel," papar dia.

Vivi merinci, sasaran pelamar Beasiswa IKSP adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 23–35 tahun serta mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat, serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister pada perguruan tinggi di Korea Selatan pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Program yang dapat diakses melalui www.beasiswaiksp.org ini dibuka untuk umum, WNI yang telah lulus menyelesaikan program sarjana (S-1) atau diploma 4 (D-4).

Dia menambahkan, keberadaan beasiswa IKSP tidak lepas dari persaingan global saat ini yang menuntut para generasi muda dapat berkompetisi tidak hanya pada wilayah lokal, namun juga nasional bahkan international.

Pendidikan berskala international menjadi salah satu pilihan para pemuda-pemudi Indonesia untuk dapat bersaing secara global. Apalagi jumlah pelajar Indonesia semakin meningkat seiring berjalannya waktu dan tersebar di berbagai benua.

Korea Selatan dipandang salah satu negara tujuan favorit para pemuda-pemudi Indonesia, seiring dengan masuknya budaya Korea ke Indonesia.

"Selain itu Korea Selatan juga dinobatkan sebagai The Most Innovative Economies in the World (Statista, 2019) sehingga banyak pemuda dari penjuru dunia melanjutkan belajar di Korea Selatan karena dinilai menjadi peluang dapat belajar dan bekerja dengan baik setelah lulus," terang Vivi.

TAGS : Info Beasiswa Korea Selatan Pendidikan Magister IKSP




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :