Kamis, 03/12/2020 10:57 WIB

Kemdikbud Akan Latih 3.000 Mahasiswa jadi Talent Digital

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud, Nizam mengatakan Kemdikbud akan membuka kerjasama dengan Google untuk melatih 3.000 mahasiswa di bidang machine learning.

Ilustrasi talent digital (Foto: Doknet)

Jakarta, Jurnas.com - Tahun depan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan melatih 3.000 mahasiswa untuk menjadi talent digital, dengan menggandeng beberapa perusahaan teknologi informasi terkemuka.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud, Nizam mengatakan Kemdikbud akan membuka kerjasama dengan Google untuk melatih 3.000 mahasiswa di bidang machine learning.

Nizam menjelaskan, untuk kerjasama dengan Google sebenarnya sejak 2019 lalu sudah berjalan, namun untuk tahun depan jumlah mahasiswa yang dilatih akan ditambah hingga 3.000 orang.

"Tahun ini kita kan sudah menjalankan dengan Bangkit Google itu 200 orang. Nah ini akan kita scale up menjadi 3.000 tahun depan," katanya usai FGD Dirjen Dikti dan SWA Group di Jakarta, pada Senin (7/9).

Guru besar UGM ini menjelaskan, mahasiswa yang dilatih ini nantinya akan membuat satu proyek yang berhubungan dengan kebutuhan UMKM, antara lain mencari solusi bagaimana memperpendek rantai pasokan, sehingga bisnis UMKM bisa berkembang.

"Sedang kita siapkan kurikulumnya yang mana nanti sinerginya dengan UMKM dan desa tertinggal, sehingga dampaknya akan lebih massif ke ekonomi nasional," papar dia.

Mantan Kapuspendik ini menyampaikan, selain kerjasama dengan Google, Kemdikbud juga akan menggandeng perusahaan digital lain untuk melatih mahasiswa di bidang artificial intelligence, cloud server, dan juga cloud computing.

TAGS : Talent Digital Kemdikbud Nizam Dirjen Dikti




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :