Sabtu, 20/04/2024 13:20 WIB

Subsidi Kuota Kemdikbud, Mahasiswa Dapat 50 GB per Bulan

Dia menyebut ini merupakan jawaban atas kecemasan masyarakat di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan telah berhasil mendapatkan dana tambahan, untuk memfasilitasi kuota siswa, guru, mahasiswa dan dosen untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dia menyebut ini merupakan jawaban atas kecemasan masyarakat di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Ini yang sedang kami akselarasi secepat mungkin agar bisa cair," jelas Mendikbud dalam rapat kerja bersama DPR RI pada Kamis (27/8) kemarin.

Upaya yang dilakukan Kemdikbud untuk memberikan bantuan pengadaan pulsa ini menurut Nadiem berdasarkan masukan masyarakat yang mayoritas, terkendala pulsa kuota internet dalam mengakses PJJ. "Pulsa ini adalah (masalah) nomor satu," sebut dia.

Rencananya, dari total anggaran Rp7,2 triliun akan diberikan subsidi kuota internet selama empat bulan, terhitung dari September-Desember 2020.

Rinciannya, siswa akan mendapat 35 GB/bulan, guru akan mendapat 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan.

Selain itu, Kemdikbud mengalokasikan dana sebesar Rp1,7 triliun untuk para penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, dosen, serta guru besar.

Harapannya, kebijakan ini dapat membantu perekenomian para penerima tunjangan di masa krisis seperti saat ini. "Terima kasih kepada Ibu Kemenkeu yang telah mengamankan dana tersebut dari dana cadangan," tutur Mendikbud.

Ditambahkan Mendikbud, sumber anggaran berasal dari optimalisasi anggaran Kemdikbud serta dukungan anggaran Bagian Anggaran dan Bendahara Umum Negara (BA BUN) 2020 dengan total anggaran sebesar Rp8,9 triliun.

Sedangkan untuk subsidi kuota guru akan dibiayai melalui realokasi anggaran Program Organisasi Penggerak, yang diundur pelaksanaannya ke tahun 2021.

KEYWORD :

Subsidi Kuota Kemdikbud Nadiem Anwar Makarim Paket Internet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :