Kamis, 25/04/2024 21:27 WIB

Kasus Paspor Palsu, Ronaldinho Akhirnya Bebas

Ronaldinho dibebaskan pada Senin (25/8) oleh hakim Paraguay, setelah menjalani lima bulan kurungan atas kasus paspor palsu.

Ronaldinho akhirnya bebas dari penjara (Foto: Norberto Duarte/AFP)

Rio de Janeiro, Jurnas.com - Mantan bintang Brazil Ronaldinho dibebaskan pada Senin (24/8) oleh hakim Paraguay, setelah menjalani lima bulan kurungan atas kasus paspor palsu.

Hakim Gustavo Amarilla juga membebaskan saudara laki-laki Ronaldinho, Roberto de Assis Moreira, yang juga telah ditahan selama sebulan di penjara dan empat bulan tahanan rumah atas tuduhan yang sama.

Mantan pemenang Piala Dunia berusia 40 tahun itu "bebas bepergian ke negara mana pun di dunia yang dia inginkan, tetapi dia harus memberi tahu kami jika dia mengubah tempat tinggal permanennya untuk jangka waktu satu tahun," kata hakim dikutip dari AFP pada Selasa (25/8).

"Dia tidak memiliki batasan kecuali untuk pemenuhan reparasi atas kerusakan masyarakat," lanjut hakim Gustavo.

Dengan mengenakan celana jins, baret hitam dan kemeja hitam, Ronaldinho menerima persyaratan pembebasannya, yang mencakup pembayaran ganti rugi sebesar US$90.000. Saudaranya, yang juga manajer bisnis Ronaldinho, harus membayar US$110.000.

Ronaldinho diharuskan melapor kepada hakim di Brasil setiap tiga bulan sekali selama satu tahun, sementara saudaranya selama dua tahun.

Amarilla menerima rekomendasi dari empat jaksa penuntut untuk menghindari perlunya pengadilan lisan.

"Tidak ada indikasi bahwa dia memiliki karakteristik pribadi atau perilaku kriminal yang akan membahayakan masyarakat," kata jaksa penuntut sebelum persidangan Senin (24/8) kemarin.

Jaksa penuntut tidak percaya Ronaldinho ikut serta dalam rencana pembuatan paspor palsu di Paraguay, tetapi yakin de Assis Moreira tahu bahwa paspor itu palsu.

Diketahui, pada 4 Maret lalu Ronaldinho tiba di Paraguay untuk ambil bagian dalam acara mendukung anak-anak yang kurang beruntung.

Namun dua hari kemudian, dia dan saudaranya dijebloskan ke tahanan setelah penyidik menggerebek hotel dan menemukan dokumen palsu.

Setelah ditahan di kantor polisi Asuncion, di mana Ronaldinho merayakan ulang tahunnya yang ke-40 pada 21 Maret, kedua pria itu menjalani tahanan rumah selama lebih dari empat bulan di hotel tersebut dengan jaminan US$1,6 juta.

Sekitar 18 orang telah ditangkap sehubungan dengan kasus tersebut, kebanyakan dari mereka adalah petugas imigrasi atau polisi.

KEYWORD :

Ronaldinho Kasus Paspor Palsu Pesepak Bola Brasil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :