Kamis, 24/09/2020 14:13 WIB

Cegah Krisis Makin Dalam, MPR Minta Pemerintah Segera Belanjakan Anggaran

Pemerintah harus segera membuat terobosan agar krisis ekonomi yang mulai terasa tidak semakin dalam.

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad. Foto: mpr

JAKARTA, Jurnas.com - Pandemi Covid-19 masih belum bisa dibendung. Dampaknya pun luar biasa, baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Bahkan dampak ekonomi kian terasa dengan ancaman krisis yang semakin nyata.

Untuk itu, pemerintah harus segera membuat terobosan agar krisis ekonomi yang mulai terasa tidak semakin dalam.

Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dalam diskusi Empat Pilar dengan tema "Sidang Tahunan MPR, Optimisme dan Harapan di Tengah Pandemi" di Media Center MPR, DPR, dan DPD Jakarta, Senin (10/8/2020).

"Menurut pengamatan kami, trennya semakin hari semakin memburuk. Daya beli masyarakat semakin berkurang, demand hampir tidak ada. Hotel-hotel baru menggeliat sedikit, orang bepergian naik pesawat juga sangat rendah, dan semua dalam keadaan ekstra hati-hati," kata Fadel.

Menurut Fadel, salah satu yang dapat mencegah krisis adalah belanja negara, baik melalui APBN maupun APBD.

APBN dan APBD mutlak harus segera dibelanjakan. Fakta yang ada, daya serapnya hampir semua kementerian, lembaga negara, dan pemerintah daerah masih kecil.

"Harus ada terobosan untuk mempercepat penyerapan anggaran," ujar Fadel.

Salah satu terobosannya adalah membuat mekanisme belanja anggaran yang lebih fleksibel, tidak terlalu kaku dan ketat seperti di masa normal, dengan tetap menjunjung transparansi dan kehati-hatian.

Fadel berharap, pada sidang tahunan MPR pada Jumat (14/8/2020), Presiden Jokowi menyampaikan pidato yang dapat memberikan harapan bagi masyarakat.  Fadel sendiri mengaku pimpinan MPR sudah mengadakan pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Bogor, Jawa Barat dan

membahas banyak hal, termasuk mencegah krisis agar tidak lebih serius.

“Dalam 45 hingga 90 hari ke depan, harus sudah ada terobosan baru yang dilakukan pemerintah. Jika tidak, kita akan memasuki masa yang lebih sulit menjelang akhir tahun nanti. Saya tidak bisa membayangkan berapa lama kita akan terpuruk,” ujarnya.

TAGS : Kinerja MPR krisis mpr covid-19 terobosan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :