Rabu, 23/09/2020 15:26 WIB

Dalam Tiga Hari, Ketua TP PKK Merasa bahagia Bisa Bagi 31 Juta Masker Dari Bengkulu Hingga Jawa Timu

Menurut Tri Tito Karnavian, PKK harus memanfaatkan potensi yang besar tersebut membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan COVID-19.

Usai acara launching pembagian 26 juta masker di Jawa Timur, Ketua TP PKK Tri Tito Karnavian bersama Mendagri dan jajaran jalan kaki sehat menelusuri Kebun Teh Wonosari, Kab Malang, Jawa Timur (8/8/2020).

Jakarta, Jurnas.com - Setelah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo pada hari Senin (03/08) untuk menggerakkan PKK memasyarakatkan penggunaan masker, Tri Tito Karnavian telah berpartisipasi dalam pembagian 30 juta masker di tiga wilayah di Indonesia hanya dalam tiga hari.

Diawali dengan memberikan pengarahan di sebuah kelurahan di Jakarta pada hari Selasa (04/08), Ketua Tim Pusat Penggerak PKK itu kemudian meluncur ke Indramayu untuk berpartisipasi dalam peluncuran Gerakan Sejuta Masker di Gedung Patra Ayu Pertamina Indramayu, Jawa Barat pada Rabu (05/08).

Di Indramayu Tri Tito Karnavian membagikan masker secara door to door ke setiap rumah di perkampungan nelayan. Sebelumnya ia turut menghadiri Peluncuran Gerakan Sejuta Masker yang diresmikian oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian.

"Intruksi presiden jelas, PKK wajib sosialisasikan agar masyarakat memakai masker dimanapun berada, ini demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang selama ini masih pandemi,” kata dia.

Dia juga meminta kepada warga agar disiplin dalam menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari.

"Biasakan menggunakan masker pada saat ke pasar, pada saat berkendaraan, pada saat berbicara dengan siapa pun. Karena masker adalah senjata kita saat ini dalam memerangi COVID-19,” kata dia.

Dari Indramayu, Tri Tito Karnavian terbang ke Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Di wilayah ini pada Kamis (06/08) diadakan acara pencanangan pembagian 2,5 juta masker ke seluruh kabupaten oleh pemerintah kabupaten setempat. Acara tersebut diresmikan dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian.

Di Rejang Lebong Tri Tito Karnavian juga aktif membagikan masker door to door. Menurut dia, amanat Presiden Joko Widodo kepada PKK untuk terlibat dalam pembagian masker merupakan kehormatan.

"Kami juga agak terkejut waktu Bapak Presiden memberikan pengarahan memberikan perintah langsung seperti itu, artinya bahwa PKK sudah diakui di masyarakat dan sebetulnya bukan Indonesia saja tapi secara internasional, karena PKK adalah lembaga swadaya masyarakat terbesar di seluruh dunia yang mempunyai kader-kader anggotanya sampai ke tingkat yang paling bawah, desa-desa dengan jumlah yang sampai jutaan orang,” kata dia.

Menurut Tri Tito Karnavian, PKK harus memanfaatkan potensi yang besar tersebut membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Kami mengharapkan juga para kader PKK dalam membagikan masker ini dari rumah ke rumah tidak hanya para kadernya tapi juga ikut sertakan komunitas atau potensi-potensi masyarakat lainnya, namun dengan satu disiplin protokol kesehatan. Para kader harus betul-betul juga menjaga diri jangan sampai nanti tugas ini malah merugikan diri,” kata dia.

Dari Bengkulu, Tri Tito Karnavian terbang ke Jawa Timur untuk mengikuti peluncuran Gerakan 26 juta masker se-Provinsi Jawa Timur. Acara yang dilaksanakan pada hari Jumat (07/08) di Kota Malang tersebut, diresmikian dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Pembagian masker secara door to door dilakukan oleh Tri Tito Karnavian di beberapa titik kelurahan di Kabupaten Malang. Total masker yang dibagikan di Provinsi Jawa Timur sebanyak 26 juta masker, terdiri dari 4,5 juta masker yang disiapkan oleh Pemprov Jawa Timur, dua juta masker oleh Kabupaten Malang, 1,5 juta masker oleh Kota Malang dan kab/kota lainnya menyiapkan masing-masing lima ratus ribu masker.

"Kami harapkan nanti Ibu-ibu penggerak PKK mengikutsertakan komunitas ataupun potensi-potensi di daerahnya yang bisa membantu pembagian masker ini," kata Tri Tito Karnavian, seraya mengucapkan terimakasih kepada Mendagri, Gubernur Jawa Timur serta Bupati/Walikota yang telah turut melibatkan PKK dalam pembagian masker.

Dengan demikian dalam tiga hari dan tiga kunjungan ke tiga wilayah (Indramayu, Rejang Lebong dan Jawa Timur), Tri Tito Karnavian telah berpartisipasi dalam pembagian lebih dari 30 juta masker.

TAGS : Kemendagri Tri Tito Karnavian Masker




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :