Kamis, 06/08/2020 05:17 WIB

Trump Gunakan Isu Covid-19 Tolak Pencari Suaka

Pemerintahan Trump merencanakan aturan baru dengan menjadikan isu bahaya dari pandemi virus corona baru atau covid-19 sebagai pembenaran

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (Foto: PressTV)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintahan Trump merencanakan aturan baru dengan menjadikan isu bahaya dari pandemi virus corona baru atau covid-19 sebagai pembenaran untuk menolak para pecari suaka di Amerika Serikat.

Aturan yang diusulkan dari Departemen Keamanan dan Keadilan Tanah Air diterbitkan dalam Daftar Federal dan akan memungkinkan pemerintah untuk memblokir imigran berdasarkan potensi ancaman internasional dari penyebaran pandemi.

Penentuan ancaman akan dilakukan pada sesi wawancara pertama dalam proses aplikasi, dan bukan di pengadilan imigrasi.

"Aturan yang diusulkan juga akan menetapkan bahwa aplikasi bilah hukum ini untuk memenuhi syarat untuk suaka dan pemotongan akan diberlakukan pada tahap skrining yang dipercepat untuk memperlancar proses peninjauan perlindungan dan meminimalkan penyebaran penyakit menular dan meluas ke Amerika Serikat," bunyi aturan tersebut dikutip UPI, Jumat (10/07).

Dalam Daftar Federal, publik akan dapat mengomentari aturan yang diusulkan selama 30 hari sebelum diberlakukan.

Jennifer Minear, presiden Asosiasi Pengacara Imigrasi Amerika, mengatakan dalam sebuah pernyataan aturan baru itu sama sekali tidak perlu dan tidak bisa dibenarkan.

"Pusat Pengendalian Penyakit dan lembaga federal lainnya telah memiliki alat yang mereka butuhkan untuk menjaga bangsa kita aman dari siapa pun yang mungkin memiliki penyakit menular yang serius, termasuk prosedur penyaringan imigrasi yang ketat dan undang-undang yang melindungi terhadap risiko kesehatan masyarakat," katanya.

Beth Werlin, direktur eksekutif Dewan Imigrasi Amerika, mengatakan aturan itu akan terus menjadi kambing hitam para imigran.

"Proposal itu hanyalah sebuah dalih untuk menerapkan perubahan drastis pada sistem imigrasi kami yang telah dicari pemerintah sejak hari pertama - penghapusan suaka di Amerika Serikat," kata Werlin.

"Bagaimana kita memperlakukan populasi yang rentan selama pandemi coronavirus akan menentukan karakter sejati kita sebagai bangsa di tahun-tahun mendatang."

TAGS : Pandemi Covid-19 Pencari Suaka




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :