Senin, 10/08/2020 09:03 WIB

Komisi IV DPR: Kementan Harus Buat Terobosan Bantu Petani Terdampak Covid-19

Anggota Komisi IV DPR RI Effendi Sianipar meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberikan serta menyalurkan bantuan kepada para petani yang terdampak pandemi Covid-19.

Anggota Komisi IV DPR, Effendi Sianipar

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi IV DPR RI Effendi Sianipar meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberikan serta menyalurkan bantuan kepada para petani yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan itu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terkena imbas Covid-19, khususnya petani.

“Dampak Covid-19 tidak hanya memukul sektor ekonomi semata. Namun, para petani juga mengalami dampaknya, ini harus segera mendapatkan bantuan,” pinta Effendy saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan jajaran Eselon I Kementan, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (1/7).

Politisi PDI Perjuangan ini mencotohkan, harga panen cabe dari petani beberapa waktu lalu hanya dibeli dengan harga Rp 3.000 per kilogram. Tentunya, harga itu tidak sebanding dengan biaya produksi untuk menanam cabe.

“Tentunya, Kementerian Pertanian bisa membantu petani yang mengalami dampak pandemi ini. Jangan mereka hanya dibiarkan,” ujar Effendy.

Lebih lanjut, legislator asal daerah pemilihan (dapil) Riau ini menjelaskan Komisi IV DPR RI akan melakukan monitoring sejauh mana program-program Kementan bisa bermanfaat bagi rakyat. Karena di dalam situasi saat ini, diperlukan kehadiran negara dalam menjaga daya beli masyarakatnya, termasuk petani.

Karena petani adalah ujung tombak sektor pangan, sehingga harus mendapat prioritas bantuan. "Menteri Pertanian harus membuat terobosan baru agar petani bisa mendapatkan bantuan saat ini. Karena, petani juga membutuhkan bantuan ditengah pandemi saat ini," tutup Effendy.

TAGS : Warta DPR Komisi IV DPR Kementerian Pertanian Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :