Kamis, 06/08/2020 05:06 WIB

Ed Sheeran-Rolling Stones Desak Inggris Izinkan Konser Live

Sekitar 1.500 musisi termasuk Ed Sheeran, Paul McCartney, dan The Rolling Stones mendesak pemerintah Inggris untuk mengizinkan konser live, guna menyelamatkan perekonomian negara tersebut pasca dihantam Covid-19

Ed Sheeran (Foto: SkyNews)

London, Jurnas.com - Sekitar 1.500 musisi termasuk Ed Sheeran, Paul McCartney, dan The Rolling Stones mendesak pemerintah Inggris untuk mengizinkan konser live, guna menyelamatkan perekonomian negara tersebut pasca dihantam Covid-19.

Coldplay, Eric Clapton, Sam Smith, Rod Stewart, Liam Gallagher, Iron Maiden, Dua Lipa, Skepta dan Florence + the Machine juga menandatangani surat terbuka yang memperingatkan bahwa penutupan yang sedang berlangsung mengancam ribuan pekerjaan.

Mereka mengutip penelitian baru yang menunjukkan bahwa konser live menambah £4,5 miliar (US$5,6 miliar) ke ekonomi Inggris, dan mendukung 210.000 pekerjaan di seluruh negeri tahun lalu.

"Musik live Inggris telah menjadi salah satu keberhasilan sosial, budaya, dan ekonomi terbesar di Inggris dalam dekade terakhir," tulis mereka dalam surat kepada Menteri Kebudayaan Inggris Oliver Dowden dikutip dari AFP pada Kamis (2/7).

"Namun jarak sosial tanpa akhir atau dukungan keuangan dari pemerintah belum disepakati, masa depan untuk konser dan festival dan ratusan ribu orang yang bekerja di dalamnya tampak suram," lanjut isi surat tersebut.

Inggris menjadi negara yang juga ikut menderita akibat pandemi Covid-19 di seluruh dunia, lebih dari 54.000 orang dikonfirmasi atau diduga meninggal.

Pemerintah telah melonggarkan aturan tinggal di rumah yang diberlakukan sejak akhir Maret, tetapi pub, restoran, dan museum akan dibuka kembali akhir pekan ini, termasuk tempat-tempat musik live masih tetap ditutup.

"Sampai bisnis-bisnis ini dapat beroperasi lagi, yang kemungkinan paling awal 2021, dukungan pemerintah akan sangat penting untuk mencegah kebangkrutan massal dan akhir dari industri terkemuka dunia ini," kata surat itu.

Industri menginginkan garis waktu yang jelas untuk membuka kembali tempat-tempat tanpa persyaratan jarak sosial, dan dukungan pemerintah yang mencakup memperluas skema cuti untuk pekerja yang telah diberhentikan sementara.

"Pertunjukan yang luar biasa tidak terjadi tanpa tim yang luar biasa di belakang panggung, tetapi mereka semua akan keluar dari pekerjaan kecuali kita bisa kembali ke sana melakukan apa yang kita sukai," tandas Gallagher.

TAGS : Konser Live Ed Sheeran The Rolling Stones




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :