Jum'at, 19/04/2024 10:17 WIB

Politikus PAN Ragukan Amien Rais Bakal Bikin Partai Baru

Meskipun demikian, Viva mempersilakan bila Amien Rais ingin membentuk partai baru.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauludi. Foto: dpr.go.id

JAKARTA, Jurnas.com – Politikus dan juga Juru Bicara (Jubir) DPP PAN, Viva Yoga Mauladi meragukan keseriusan Amien membentuk partai politik baru dan meninggalkan PAN.

“Saya pribadi meragukan jika Pak Amien akan mendirikan partai politik baru, mengingat besarnya cinta Pak Amien kepada PAN,” kata Viva di Jakarta, Kamis (7/5/2020).

Bahkan menurut Viva, di beberapa hasil lembaga survei menyatakan bahwa terjadi hubungan tak terpisah antara PAN dan Amien Rais.

Meskipun demikian, Viva mempersilakan bila Amien Rais ingin membentuk partai baru. Menurut Viva, hal itu merupakan hak politik warga negara yang dijamin konstitusi.

“Setiap warga negara Indonesia dijamin oleh konstitusi atas hak politik dan hak untuk kebebasan dalam mengemukakan pendapat dan berkumpul. Jika Pak Amien Rais, seperti yang diberitakan media merencanakan akan membentuk partai politik baru, itu adalah hak politik Pak Amien Rais yang dijamin undang-undang,” kata Viva.

Jika partai baru itu benar terwujud, Wakil Ketua Umum PAN ini melanjutkan, Amien Rais tentunya akan meninggalkan partai yang didirikannya sesaat usai reformasi bergulir. Dan Amien juga tokoh sentral pendiri PAN.

“Jika nantinya terwujud partai politik baru yang didirikan Pak Amien, maka dapat dikatakan Pak Amien Rais meninggalkan PAN, partai yang beliau dirikan. Pak Amien Rais adalah salah satu pendiri PAN, di samping pendiri lainnya, yaitu Amien Azis, AM Fatwa, Gunawan Muhammad, Toety Herawaty, Albert Hasibuan, Sindhunata, Faisal Basri, Putrajaya Husein, dan lainnya,” tukas Viva.

KEYWORD :

PAN Amien Rais partai baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :