Rabu, 12/08/2020 11:39 WIB

Belgia Tuntut Israel Kembalikan Uang Pajak Palestina

Sejumlah LSM Belgia menyerukan agar menekan otoritas pendudukan Israel untuk mengeluarkan uang pajak Palestina yang diblokir

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menunjuk peta Jordan Valley saat memberikan pernyataan di Ramat Gan, dekat Tel Aviv, pada 10 September 2019. (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Sejumlah LSM Belgia menyerukan agar menekan otoritas pendudukan Israel untuk mengeluarkan uang pajak Palestina yang diblokir agar Otoritas Palestina (PA) dapat membeli peralatan medis yang diperlukan untuk memerangi wabah virus corona baru atau Covid-19

Dilansir Middleeast, tuntutan itu datang dalam sebuah surat yang dikirim oleh LSM kepada Menteri Luar Negeri Belgia Philippe Goffin dan Wakil Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo, serta kepada Perwakilan Tinggi Uni Eropa (UE) Perwakilan Uni untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell.

Dalam surat itu, LSM menyerukan untuk mengambil keputusan luar biasa dan mempercepat upaya untuk mengangkat pengepungan Israel yang diberlakukan di Gaza selama bertahun-tahun, dalam rangka memfasilitasi asosiasi Palestina yang didukung internasional untuk memerangi Covid-19.

Ornop menyoroti larangan Israel pada masuknya peralatan medis ke Jalur Gaza dan peralatan penting yang diperlukan untuk memerangi pandemi, menekankan bahwa tindakan ini meningkat menjadi kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Persahabatan Belgia-Palestina mengirim surat kepada Goffin, memintanya untuk dengan cepat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menekan Israel agar mengizinkan masuknya peralatan medis ke Gaza, terutama respirator.

Kepala asosiasi menekankan bahwa negaranya harus meminta Israel untuk segera membebaskan semua tahanan Palestina, terutama anak-anak, wanita dan mereka yang berada di bawah penahanan administratif, serta untuk menghentikan penggerebekan rumah-rumah Palestina.

Ketua asosiasi mengirim surat yang sama ke Duta Besar Israel untuk Belgia Emmanuel Nahshon. Dia menyampaikan kepada Nahshon bahwa Israel sebagai kekuatan pendudukan harus bertanggung jawab atas kesejahteraan rakyat Palestina sebagaimana dinyatakan oleh hukum internasional.

LSM-LSM menyerukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Uni Eropa untuk menawarkan dukungan segera kepada Palestina, untuk membantu mereka memerangi pandemi virus corona dan untuk membeli peralatan medis yang diperlukan.

TAGS : LSM Belgia Pemerintah Israel Uang Pajak




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :