Kamis, 28/05/2020 19:59 WIB

Balitbangtan Serahkan Hand Sanitizer dan Disinfektan untuk Sekolah di Bogor

Dipilihnya instansi sekolah sebagai sasaran penyaluran bantuan karena para tenaga pengajar berhubungan langsung dengan para murid yang jumlahnya sangat besar. 

Balitbangtan Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan hand sanitizer dan desinfektan (Foto: Humas Balitbangtan)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanah menyalurkan bantuan hand sanitizer dan disinfektan ke dua sekolah menengah di Bogor, yakni SMPN 1 Bogor dan SMAN 1 Kota Bogor.

Paket bantuan yang terdiri atas 200 botol hand sanitizer dan 60 liter disinfektan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Balai Penelitian Tanah Dr Ladiyani Retno Widowati, kepada perwakilan sekolah di SMPN 1 dan SMAN 1 Kota Bogor.

Dipilihnya instansi sekolah sebagai sasaran penyaluran bantuan karena para tenaga pengajar berhubungan langsung dengan para murid yang jumlahnya sangat besar. Dengan begitu, penggunaan hand sanitizer dapat menekan penyebaran wabah virus corona di lingkungan sekolah.

Selain itu, SMPN 1 dan SMAN 1 Bogor terletak sangat strategis yakni di jalur utama jalan raya Kota Bogor. Diharapkan, penyemprotan disinfektan mampu menekan penyebaran wabah COVID-19.

Kepala Balai Penelitian Tanah, Ladiyani Retno Widowati menyampaikan bahwa hand sanitizer dan disinfektan yang disalurkan tersebut merupakan produksi Laboratorium Terpadu Balai Penelitian Tanah, dengan kualitas yang terjamin.

Ia berharap hand sanitizer dapat dipergunakan oleh seluruh tenaga lingkup SMPN 1 dan SMAN 1 kota Bogor, dan disinfektan yang disalurkan dapat dipergunakan untuk menyemprot fasilitas umum di lingkungan sekolah, sehingga akan menekan penyebaran wabah COVID-19.

Di tempat yang sama, Kepala SMPN 1 Bogor ‎Sri Sugiarti, yang didampingi pengurus Komite SMPN 1 bagian Mutu Pendidikan E. Lily Widyaningsih, menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut.

Ia mengatakan, bantuan tersebut sangat membantu pihak sekolah yang mendapatkan kesulitan dalam memperoleh hand sanitizer, kalaupun ada harganya terus meningkat.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Bogor H. Nurmawan,  yang didampingi salah seorang guru Agus Sunarya, berterima kasih atas bantuan hand sanitizer dan disinfektan. "Bantuan tersebut sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah," katanya.

Balitbangtan Bersama UK dan UPT lingkup se-Indonesia turut berperan dalam menekan perkembangan virus corona dengan memproduksi hand sanitizer dan desinfektan.

Sebagai salah satu UPT Badan Litbang Pertanian, Balittanah yang mempunyai laboratorium terpadu mendapat arahan untuk memproduksi hand sanitizer dan disinfektan yang digunakan untuk keperluan di lingkup Balitbangtan, Kementerian Pertanian maupun instansi/masyarakat lainnya.

Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry menyatakan bahwa hand sanitizer dan desinfektan sudah siap diedarkan kepada pihak-pihat yang membutuhkan. "Mudah-mudahan ini menjadi kontribusi kita untuk menekan penyebaran COVID-19," imbuhnya.

TAGS : Hand Sanitizer Disinfektan Virus Corona Fadjry Djufry




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :