Sabtu, 20/04/2024 18:13 WIB

Israel Coba Deteksi Penyebaran Virus Corona Lewat Perangkat Ponsel

Sejauh ini, Israel telah mencatat 4.347 kasus virus dan 15 kematian.

Ilustrasi penggunaan IT deteksi virus corona

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian pertahanan Israel berencana untuk menggunakan perangkat lunak yang menganalisis data yang dikumpulkan dari ponsel - yang diproduksi, menurut media Israel, oleh perusahaan spyware NSO - untuk membantu menemukan kemungkinan pembawa virus corona untuk mengujinya.

Menteri Pertahanan Naftali Bennett mengatakan bahwa "koronameter" akan membutuhkan persetujuan dari kabinet - kemungkinan akan diberikan - serta penilaian masalah privasi dari jaksa agung, yang memiliki kekuatan untuk memblokirnya. Tapi itu bisa operasional dalam waktu 48 jam untuk mendapatkan lampu hijau.

Dilansir Middleeast, Israel telah menguji sekitar 5.000 orang per hari untuk mengetahui virus baru itu, yang dapat menyebabkan kegagalan pernafasan tetapi juga ada selama beberapa hari tanpa menyebabkan gejala dan memaksakan karantina yang ketat pada mereka yang ditemukan mengidapnya.

Diharapkan segera menggandakan jumlah tes. Untuk membantunya memutuskan siapa yang akan diuji, ia menggunakan pengawasan tingkat militer untuk melacak gerakan warga sipil - yang memicu keluhan tentang invasi privasi dari kelompok-kelompok hak asasi.

Sejauh ini, Israel telah mencatat 4.347 kasus virus dan 15 kematian. Pada hari Senin, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu melakukan isolasi sendiri setelah seorang pembantu parlemen dinyatakan positif terkena virus tersebut.

Bennett mengatakan data pelacakan ponsel dan geolokasi saat ini sedang digunakan tidak lagi efektif dalam menemukan operator yang paling mungkin.

Menurut media Israel, sistem memberikan peringkat 1 hingga 10 untuk kemungkinan seseorang membawa virus. Ini diperbarui secara real-time dan dapat terjangkit, misalnya jika seseorang mengunjungi toko kelontong di mana penjual telah diidentifikasi.

Media Israel mengatakan perangkat lunak telah dikembangkan bekerja sama dengan NSO.

NSO menolak berkomentar dan Bennett mengatakan dia tidak akan "mengumumkan siapa dan apa karena ada juga elemen kompleks dalam konteks ini".

FBI sedang menyelidiki NSO atas dugaan meretas penduduk dan perusahaan AS dan mengumpulkan intelijen pada pemerintah, seperti dilaporkan oleh Reuters pada bulan Januari.

WhatsApp Facebook menggugat NSO pada Oktober setelah menemukan bukti bahwa mereka telah menyalahgunakan cacat dalam program obrolan populer untuk membajak ratusan smartphone dari jarak jauh.

Bennett mengatakan bahwa, meskipun tidak sempurna, perangkat lunak baru adalah pilihan terbaik yang tersedia untuk menemukan kemungkinan operator.

"Yang diperlukan hanyalah menuangkan informasi pengujian, untuk menghubungkan pelacakan seluler yang kami manfaatkan, hari ini, dalam tes epidemiologi."

Sebuah sumber yang dekat dengan masalah ini mengatakan produk sipil pertama NSO sedang diuji oleh sekitar 15 pemerintah di seluruh dunia untuk digunakan oleh regulator kesehatan.

KEYWORD :

Virus Corona Pemerintah Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :