Selasa, 22/09/2020 22:35 WIB

Anjungan Pengeboran Ladang Minyak Raksasa Iran Berhasil Terpasang

Platform S1 telah dibangun di galangan kapal di Khorramshahr, sekitar 830 kilometer dari ladang minyak Salman di Iran barat daya.

Rig pengeboran minyak S1 dimuat ke sebuah kapal untuk instalasi di ladang minyak Salman, yang terletak di selatan Iran di wilayah Lavan di Teluk Persia. (Foto oleh Shana)

Teheran, Jurnas.com - Iran mengatakan berhasil memasang anjungan pengeboran minyak raksasa di ladang lepas pantai selatan negara itu kendati ada laporan yang menyatakan negara itu mengalami masalah untuk menjaga rig minyaknya tetap aktif karena sanksi Amerika terhadap industri minyak.

Iranian Offshore Oil Company (IOOC) mengatakan pada hari Kamis bahwa operasi instalasi untuk platform S1 di ladang minyak Salman, yang terletak di Teluk Persia di lepas pantai provinsi Hormozgan, sudah selesai pada hari sebelumnya.

Kepala eksekutif IOOC, Alireza Salmanzadeh mengatakan pemasangan anjungan minyak adalah operasi yang rumit mengingat berat struktur, sekitar 1050 metrik ton, dan ukuran asimetrisnya yang membuat pengangkatan menjadi lebih sulit.

"Operasi instalasi dilakukan dengan memperhatikan standar keselamatan maksimum dan meskipun ada banyak kesulitan," kata Salmanzadeh kepada IRIB, menambahkan bahwa instalasi itu merupakan tanda kemampuan dan kerja sama yang baik antara kontraktor dan teknisi Iran.

Platform S1 telah dibangun di galangan kapal di Khorramshahr, sekitar 830 kilometer dari ladang minyak Salman di Iran barat daya. Rig terhubung ke pipa bawah laut 12 inci sementara dua pipa 6 inci akan digunakan untuk pengujian dan transfer gas.

Pemasangan rig terjadi sehari setelah laporan mengklaim bahwa sanksi Amerika terhadap industri minyak Iran telah menyebabkan hampir seperempat rig minyak negara menjadi menganggur.

Iran belum mengomentari klaim tersebut tetapi pihak berwenang telah berulang kali bersikeras bahwa sanksi telah gagal mempengaruhi kapasitas produksi minyak harian Iran meskipun mereka mengakui larangan tersebut telah berdampak pada ekspor.

Ladang minyak Salman, yang terletak di wilayah Lavan, akan mengalami peningkatan output sebesar 6.000 barel per hari setelah pemasangan rig pengeboran baru. (Press TV)

TAGS : Sanksi Amerika Serikat Kilang Minyak Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :