Kamis, 21/01/2021 06:09 WIB

Rusia Mengecam Langkah Intervensi AS di Venezuela

Washington mengancam menjatuhkan semua opsi yang ada dan melakukan langkah provokasi terhadap pemerintah Maduro.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menghadiri konferensi pers tahunan di Balai Konferensi Kementerian Luar Negeri Rusia di Moskow, Rusia, pada 15 Januari 2018 [Sefa Karacan / Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengecam Amerika Serikat karena berusaha mengintervensi "perubahan rezim" di Venezuela dengan menjatuhkan sanksi pada negara raksasa energi negara (PDVSA), mendukung pemimpin oposisi Juan Guaido dan berusaha menciptakan dalih untuk intervensi militer di sana.

Lavrov menambahkan bahwa Washington mengancam menjatuhkan semua opsi yang ada dan melakukan langkah provokasi terhadap pemerintah Maduro.

"Kami melihat upaya seperti itu bertujuan untuk menetapkan dalih untuk intervensi militer," kata Lavrov seperti dikutip oleh kantor berita Rusia Tass.

Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi pada PDVSA tahun lalu dalam upaya untuk menggulingkan Presiden sosialis Venezuela Nicolas Maduro, yang telah mengawasi keruntuhan ekonomi di negara Amerika Selatan.

Awal tahun ini, pemerintahan Presiden AS Donald Trump memberlakukan babak baru sanksi terhadap Venezuela sebagai bagian dari upaya untuk menekan Maduro untuk mundur.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada 21 Januari bahwa langkah itu dimaksudkan untuk mendukung Juan Guaido, tokoh oposisi yang didukung AS yang mengaku sebagai presiden.

"Kami tidak berbicara tentang sanksi tertentu, tetapi semua orang dapat sepenuhnya berharap bahwa Amerika Serikat tidak selesai. Pekerjaan yang telah kami lakukan selama beberapa bulan terakhir ini telah membangun tempat kami menemukan diri kami hari ini dan saya, saya akan sepenuhnya berharap akan ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil Amerika Serikat untuk terus mendukung Presiden Guaido dan rakyat Venezuela, "klaim Pompeo ketika para pemimpin dunia sedang bersiap untuk bertemu di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Diplomat top AS lebih lanjut mengulangi klaimnya terhadap pemerintah di Caracas, menawarkan gambaran suram dari situasi di wilayah tersebut.

"Dia sekarang ditambahkan ke rejim terornya, bekerja bersama organisasi-organisasi teror di dalam negaranya sendiri. Dia sekarang menjalankan operasi yang lebih mirip kartel daripada apa pun yang orang bisa gambarkan. Ini tidak baik untuk Venezuela, itu tidak baik untuk negara-negara yang ada di sekitar Venezuela, "kata mantan kepala CIA.

Meskipun Guaido mendapat dukungan dari AS dan sejumlah negara, upaya untuk menghapus Maduro terhenti sejak ia mempertahankan kendali atas sebagian besar fungsi negara, dan mendukung angkatan bersenjata yang kuat serta sekutu Cina, Rusia, dan Kuba

TAGS : Intervensi AS Negara Venezuela Pemerintah Rusia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :