Sabtu, 26/09/2020 15:25 WIB

Iran Hentikan Semua Penerbangan dari dan Ke China

Virus ini sejauh ini menewaskan 213 orang dan menyebar ke setidaknya 18 negara di seluruh dunia, dengan jumlah kasus virus korona yang dikonfirmasi berdiri di 9.809.

Seorang pria membeli masker di sebuah toko obat setelah wabah virus corona baru dan penutupan kota, di Wuhan, provinsi Hubei, Cina, pada 29 Januari 2020. (Foto: Reuters)

Teheran, Jurnas.com - Menteri Kesehatan Iran, Saeed Namaki mengatakan, Teheran sementara waktu menghentikan semua penerbangan ke dan dari China karena virus corona, yang berasal dari kota Wuhan di China sudah menyebar ke seluruh negeri dan seluruh dunia.

Namaki mengatakan, keputusan tersebut dibuat dalam pertemuan darurat di hadapan sejumlah menteri Iran dan juru bicara pemerintah setelah virus dinyatakan sebagai darurat globaloleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pada Kamis (30/1), WHO menyatakan, epidemi virus corona di China saat ini merupakan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengumumkan keputusan tersebut setelah pertemuan Komite Daruratnya, sebuah panel ahli independen, di tengah meningkatnya bukti virus menyebar ke sekitar 18 negara.

Namaki mengatakan sudah mengirimkan surat kepada Wakil Presiden Pertama Iran, Es`haq Jahangiri untuk meminta pemerintah menerapkan strategi baru terkait wabah virus corona.

"Telah ditetapkan bahwa warga negara Iran yang tinggal di China akan dapat kembali ke negara itu melalui penerbangan eksklusif sambil sepenuhnya diawasi oleh Departemen Kesehatan," kata Namaki.

Ia mencatat bahwa sekitar 70 mahasiswa Iran yang tidak terjangkit virus corona, yang sekarang di Wuhan, akan dipulangkan dengan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Iran.

"Tetapi kasus-kasus ini tergantung pada kerja sama pemerintah China. Orang-orang ini akan dikarantina dan diawasi selama dua minggu," kata menteri kesehatan.

Sebelum itu, Namaki sudah menuntut agar pemerintah mencegah masuknya penumpang dari China di tengah ancaman epidemi virus corona.

Ia meminta Jahangiri untuk memberi tahu Kementerian Luar Negeri Iran dan Kementerian Perjalan tentang penghentian semua wisatawan dari Tiongkok (darat, laut dan udara) hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Saat ini Wuhan dalam kuncian virtual. Hampir semua penerbangan di bandara kota dibatalkan dan pos pemeriksaan memblokir jalan utama yang mengarah ke luar kota. Pihak berwenang memberlakukan penguncian serupa di lebih dari 10 kota di dekat Wuhan sebagai bagian dari upaya penahanan yang berkelanjutan.

Virus ini sejauh ini menewaskan 213 orang dan menyebar ke setidaknya 18 negara di seluruh dunia, dengan jumlah kasus virus korona yang dikonfirmasi berdiri di 9.809.

TAGS : Gejala Virus Corona Darurat Virus Corona Kota Wuhan Warga Iran Penerbangan Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :