Senin, 03/08/2020 19:57 WIB

Debut di Indonesia Masters, Tontowi/Apriyani Bisa Lolos Olimpiade 2020?

Dengan pengalaman dan kemampuan masing-masing, pasangan anyar ini diprediksi akan segera masuk ke jajaran ganda campuran elit dunia.

Ganda campuran Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu

Jakarta, Jurnas.com - Ganda campuran Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu megawali debutnya dengan cukup baik di ajang Daihatsu Indonesia Masters 2020. Meski tampil tanpa persiapan, karena awalnya hanya ada di daftar tunggu, Tontowi/Apriyani menunjukkan kemampuan di babak kualifikasi sehingga berhasil melaju ke babak utama.

Pasangan ini berhasil menembus babak utama Daihatsu Indonesia Masters 2020 setelah mengalahkan pasangan Thailand, Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran, dengan skor 21-16, 21-17, Selasa (14/01) di Istora Senayan Jakarta.

"Kami kan tampilnya juga last minute, jadi tadi masih menyesuaikan, agak masih canggung. Tapi kami belajar sedikit demi sedikit, kamunikasi saya dan Apri juga bagus, sehingga lebih mudah adaptasinya," kata Tontowi usai pertandingan.

Tontowi/Apriyani rencananya mulai dipasangkan di turnamen Malaysia Masters 2020 pekan lalu, namun mereka tak masuk babak kualifikasi karena peringkat mereka belum mencukupi. Hal yang sama pun terjadi di Daihatsu Indonesia Masters kali ini, sehingga Tontowi/Apriyani tak ada persiapan apa pun.

Sebelumnya, Tontowi berpasangan dengan Winny Oktavina Kandow, sedangkan Apriyani fokus di ganda putri bersama Greysia Polii. Meskipun main rangkap, Apriyani mengaku akan tetap fokus di kedua nomor. Saat ini di ganda putri bersama Greysia, Apriyani duduk di peringkat delapan dunia.

"Saya fokus di dua-duanya, saya dikasih tanggung jawab sama PBSI dan harus jaga itu dan buktikan. Saya coba jalani," ucap Apriyani yang baru satu kali latihan bersama Tontowi.

Di babak utama, Tontowi/Apriyani sudah ditunggu unggulan ketujuh dari Korea, Seo Seung Jae/Chae Yujung. Menghadapi tantangan ini, Tontowi/Apriyani mengaku akan tetap optimis dan tampil tanpa beban.

Indonesia Masters 2020 menjadi paramater bagi Tontowi/Apriyani. Dengan pengalaman dan kemampuan masing-masing, pasangan anyar ini diprediksi akan segera masuk ke jajaran ganda campuran elit dunia. Bahkan dengan waktu kualifikasi Olimpiade 2020 yang masih ada sekitar tiga bulan, masih menyisakan delapan turnamen, Tontowi/Apriyani dinilai memiliki kans untuk mendapatkan tiket ke Tokyo.

“Jika Tontowi/Apriyani bisa langsung solid dan meraih poin maksimal dari turnamen-turnamen kualifikasi menuju Olimpiade 2020, pasangan ini membuka harapan ganda campuran bisa kembali menyumbang medali di Olimpiade nanti,” ujar pengamat sekaligus wartawan olahraga, Suharto Olii.

TAGS : Ganda campuran Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu Olimpiade 2020




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :