Selasa, 26/05/2020 20:25 WIB

RI-Inggris Perkuat Kerja Sama di Berbagai Sektor

Kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi di bidang potensial seperti perdagangan dan investasi, industri kreatif termasuk digital technology di sektor keuangan, energi khususnya energi terbarukan, pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, maritim.

Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar, saat menerima kunjungan Menteri Asia Pasifik Inggris, Heather Wheeler di Gedung Kemenlu di Jakarta, Selasa (13/1).

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (RI), mengatakan, Inggris menjadi prioritas penting bagi penguatan diplomasi ekonomi Indonesia di kawasan Eropa.

Demikian kata Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar, saat menerima kunjungan Menteri Asia Pasifik Inggris, Heather Wheeler di Gedung Kemenlu di Jakarta, Selasa (13/1).

"Inggris merupakan salah satu mitra dagang penting di Eropa dan investor besar di Indonesia," kata Mahendra.

Dijelakan, kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi di bidang potensial seperti perdagangan dan investasi, industri kreatif termasuk digital technology di sektor keuangan, energi khususnya energi terbarukan, pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, maritim.

Sementara itu, Menteri Wheeler menyambut positif pernyataan Wamenlu RI tersebut dan sepakat untuk terus tingkatkan kerja sama RI-Inggris, utamanya dalam rangka meningkatkan kinerja perdagangan bilateral termasuk investasi dan pendidikan melalui mekanisme Trade Review.

Ini dipandang penting sebagai langkah konkret mempersiapkan kerja sama ekonomi komprehensif RI-Inggris paska Brexit sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi lebih besar bagi kedua negara.

Kunjungan Menteri Wheeler tersebut dipandang sebagai penegasan kembali komitmen kemitraan dan hubungan persahabatan RI-Inggris. Selain isu bilateral, dibahas pula upaya penguatan kerja sama kedua negara dalam isu-isu global dan regional yang menjadi kepentingan bersama.

Kunjungan Wheeler ke Indonesia merupakan pertama kali sejak menduduki jabatannya pada Juli 2019. Selain bertemu Wamenlu, ia juga akan bertemu dengan Wakil Menteri Perdagangan, Sekretaris Jenderal ASEAN dan meresmikan kantor Perutusan Tetap Inggris untuk ASEAN di Jakarta.

Pertemuan kedua negara merupakan sinyal yang sangat baik untuk menambah intensitas kerja sama kedua negara di berbagai bidang guna mencapai pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Pada pertemuan tersebut, Wamenlu Mahendra juga menyampaikan rencana Indonesia menjadi tuan rumah World Economic Forum - ASEAN Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum pada Juli 2020.

Ia mengundang partisipasi Inggris pada Halal Industry Summit yang akan diselenggarakan pada akhir 2020 di Jakarta.

TAGS : Asia Pasifik Inggris Heather Wheeler Mahendra Siregar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :