Senin, 20/01/2020 01:45 WIB

Sulitnya Mencari Masjid dan Makanan Halal di Korea

Di Busan, tidak hanya makanan halal sulit didapat. Bagi para pelancong Muslim, mereka juga harus menempuh perjalanan sekitar satu jam, menuju satu-satunya masjid yang ada di tempat tersebut.

Ramen, makanan Korea (Foto: Ecka Pramita)

Singapura, Jurnas.com - Bagi sebagian besar orang, Korea Selatan merupakan salah satu destinasi paling memikat hati di dunia. Namun hendak dikata apa, mencari masjid dan makanan halal di Negeri Gingseng itu terbilang sulit.

Dalam sebuah laporan media Singapura, Channel News Asia, pada Minggu (15/12), dua orang turis Indonesia, yakni Rati dan Meri terpaksa menunda jam makan siang, karena belum menemukan restoran bersertifikat halal di Busan.

Kendatipun ada makanan halal di dekat Taman Yongdusan, Nampodong, namun rupanya makanan di restoran India itu tidak membuat dia dan dua temannya tertarik.

"Ada makanan halal India, tapi kami ingin makanan halal Korea," keluh Meri.

Akhirnya Rati dan Meri memilih makanan laut. Sebab, dalam fiqih Islam, seluruh makanan laut kecuali yang beracun atau membahayakan kesehatan, hukumnya halal untuk dimakan.

"Di Seoul, semua makanan halal berada di daerah yang sama di Itaewon. Sehingga kita bisa pergi ke sana," ujar Meri.

Di Busan, tidak hanya makanan halal sulit didapat. Bagi para pelancong Muslim, mereka juga harus menempuh perjalanan sekitar satu jam, menuju satu-satunya masjid yang ada di tempat tersebut.

Dan hal ini diakui oleh laman resmi Organisasi Pariwisata Korea (KTO), yang mengatakan, "tidak mudah bagi pelancong Muslim untuk menemukan makanan (halal) atau masjid yang sesuai di negara non-Islam".

Sementara Imam Besar Federasi Muslim Korea di Seoul, Abdul Rahman Lee mengatakan, kendati ketersediaan masjid dan makanan halal masih menjadi tantangan tersendiri di Korea, rupanya pemerintah sudah melakukan banyak perubahan selama empat tahun terakhir, agar Korea ramah Muslim.

Ruang salat sudah tersedia di pusat perbelanjaan, seperti Lotte Departement Store, Everland, taman hiburan, dan tujuan wisata populer seperti Pulau Nami.

Bandara di Korea juga sudah dilengkapi dengan ruang salat, di mana Bandara Jeju menjadi yang terbaru tahun lalu, demi mengakomodasi permintaan negara-negara Islam.

 

TAGS : Makanan Halal Korea Selatan Masjid Turis




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :