Selasa, 16/04/2024 22:33 WIB

Kemenhub Serahkan Dua Kapal untuk Konektivitas di Timika

KM. Banawa Nusantara 25 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut direncakanan akan beroperasi di daerah Timika.

KM Banawa Nusantara 25, salah satu kapal yang diserahkan Kemenhub kepada Pemda Timika, Papua, kemarin.

 

Timika, Jurnas.com – Dalam rangka mendukung serta mengoptimalkan konektivitas antarpulau di wilayah Indonesia Bagian Timur serta menjamin pendistribusian logistik ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP), kali ini Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan kembali menyerahkan 2 buah kapal ke Pemerintah Kabupaten Timika, Papua.

"Hari ini kami berkesempatan menyaksikan penyambutan sekaligus serah terima 2 buah kapal penumpang, yaitu KM. Banawa Nusantara 25 dan KM. Ipaya kepada Pemerintah Kabupaten Timika di Pelabuhan Rakyat Pomako II," ujar Kepala Kantor UPP Kelas II Pomako Timika Papua Husni Anwar Tianotak, Kamis (12/12).

Ia mengatakan, KM. Banawa Nusantara 25 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut direncakanan akan beroperasi di daerah Timika.

Husni berharap kapal hibah ini dapat berguna untuk masyarkat Papua. "Semoga serah terima kapal ini bisa menunjang konektivitas di wilayah-wilayah terpencil untuk mengangkut penumpang dan barang untuk dari dan menuju ke kota Timika," katanya.

Wakil Bupati Timika Johanes Rettob yang turut hadir dalam acara tersebut menghimbau untuk menjaga kebersihan dan keamanan kapal. "Kapal ini harus dijaga kebersihan dan keamanannya serta dapat digunakan sebaik-baiknya agar bisa berguna bagi masyarakat yang ada di Timika," tutur Johanes.

Acara ini dihadiri juga oleh stakeholder dari berbagai instansi dan warga setempat yang turut menyaksikan acara hibah kapal. Selanjutnya, kapal ini diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kab. Timika Papua Yan Selamat Purba kepada koperasi yang mengelola untuk penjualan tiket kapal KM. Banawa Nusantara 25.

 

KEYWORD :

KM Banawa Nusantara Timika konektivitas Kemenhub




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :